Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prancis Dipilih Charles III sebagai Negara Pertama yang Ia Kunjungi sebagai Raja Inggris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 Maret 2023, 08:05 WIB
Prancis Dipilih Charles III sebagai Negara Pertama yang Ia Kunjungi sebagai Raja Inggris
Raja Charles III/Net
rmol news logo Prancis dan Jerman akan menjadi dua negara pertama yang akan dikunjungi Raja Charles III dalam perannya sebagai raja Inggris.

Istana Buckingham mengumumkan pada Jumat (3/3), bahwa kunjungan tersebut akan berlangsung dari 26 hingga 31 Maret, menjelang penobatan raja pada 6 Mei mendatang.

Dipilihnya dua negara Eropa itu  dilihat sebagai upaya untuk membangun jembatan pasca- Brexit dan pengakuan atas kasih sayang yang dimiliki mendiang Ratu Elizabeth II terhadap Prancis.

Hubungan antara Paris dan London diwarnai dengan retorika keras dari kedua belah pihak. Seperti yang diingat oleh para ahli politik, ada perselisihan serius antara Prancis dan Inggris mengenai masalah-masalah seperti hubungan pasca-Brexit, perselisihan tentang hak penangkapan ikan dan status Irlandia Utara.

"Tur itu akan merayakan hubungan Inggris dengan Prancis dan Jerman , menandai sejarah, budaya, dan nilai bersama kita," kata istana, seperti dikutip dari AFP.

Menurut rencana, Charles dan istrinya Camilla akan berada di Prancis dari 26 Maret hingga 29 Maret, dan akan bergabung dengan Presiden Emmanuel Macron untuk menghadiri upacara peringatan dan peletakan karangan bunga di Arc de Triomphe di Paris.

Raja juga akan berpidato di Senat Prancis, sementara Camilla dan ibu negara Prancis Brigitte Macron akan secara resmi membuka pameran Manet dan Degas baru di Musee d'Orsay.

Pasangan kerajaan itu kemudian akan menjadi tamu kehormatan di jamuan kenegaraan yang diselenggarakan oleh Macron di Istana Versailles dan juga akan berkunjung ke Bordeaux di Prancis barat daya.

"Selama di sana, Charles akan menyaksikan langsung kehancuran yang disebabkan oleh kebakaran hutan musim panas lalu di pinggiran Bordeaux dan mengunjungi kebun anggur organik," kata pihak istana.

Usai menyelesaikan kunjungan di Prancis, Charles akan menuju ke Berlin, Jerman, pada 29 Maret.

"Fakta bahwa Raja Charles memilih Jerman dan Prancis sebagai tujuan pertamanya sebelum penobatannya juga merupakan isyarat penting Eropa," kata Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier dalam pesan video.

Menurut rencana Steinmeier akan menyambut kedatangan pasangan kerajaan dengan sambutan seremonial di Gerbang Brandenburg dan kemudian menjamu mereka sebagai tamu kehormatan di jamuan kenegaraan.

Raja juga akan berpidato di parlemen federal Jerman, Bundestag, yang pertama untuk raja Inggris, dan juga akan bertemu dengan para pengungsi yang baru saja tiba dari Ukraina. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA