Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sedang Mencari Jamur, 10 Warga Suriah Tewas Terkena Ranjau ISIS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 01 Maret 2023, 07:08 WIB
Sedang Mencari Jamur, 10 Warga Suriah Tewas Terkena Ranjau ISIS
Pencari jamur gurun/Net
rmol news logo Sepuluh warga sipil Suriah tengah tewas terkena ledakan ranjau darat yang dipercaya ditanam oleh kelompok militan ISIS.

Kantor Berita Resmi Sana melaporkan Selasa (28/2), 10 warga itu sedang mencari truffle atau jamur saat ranjau meledak di dekat mereka di pedesaan timur Al Salamiyah di provinsi Hama.

Laporan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia menyebutkan bahwa setidaknya 112 orang, 92 di antaranya warga sipil (perempuan dan anak-anak) telah tewas saat berburu makanan di gurun, baik dalam serangan ISIS atau ledakan ranjau darat.

Pada 18 Februari, setidaknya 68 pemburu truffle di daerah gurun di provinsi tetangga Homs tewas dalam dugaan serangan ISIS, kata Observatorium, pemantau perang yang berbasis di Inggris.

Banyak warga Suriah mencari truffle gurun selama musimnya yang biasanya jatuh pada Februari hingga April. Truffle itu untuk dijual dan membantu memenuhi kebutuhan di negara yang dilanda perang itu.

Gurun Suriah terkenal karena menghasilkan beberapa truffle kualitas terbaik di dunia. Satu kilogram jamur berharga ini dijual antara 5 hingga 10 dolar AS atau sekitar 76-150 ribu rupiah.

Observatorium mengatakan ISIS, yang menguasai pedesaan timur provinsi Hama dari 2014 hingga 2017, memanfaatkan panen truffle tahunan untuk melakukan serangan di daerah terpencil.

"Bahan peledak yang ditinggalkan di ladang, di sepanjang jalan atau bahkan di bangunan oleh semua pihak dalam konflik 12 tahun Suriah telah menewaskan ratusan warga sipil dan melukai ribuan lainnya," kata Observatorium.

Setelah kelompok teroris tersebut kehilangan wilayah terakhirnya pada tahun 2019 setelah serangan militer yang didukung oleh koalisi pimpinan AS, sebagian besar teroris ISIS di Suriah mundur ke tempat persembunyian gurun di timur.

PBB memperkirakan bahwa di seluruh Suriah lebih dari 10 juta orang tinggal di daerah yang terkontaminasi oleh bahaya ledakan.

Perang Suriah telah merenggut nyawa sekitar setengah juta jiwa dan menelantarkan jutaan orang sejak meletus pada Maret 2011, setelah represi brutal protes anti-pemerintah. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA