Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ibu Negara Seluruh Dunia Ungkapkan Belasungkawa dan Dukungan kepada Emine Erdogan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 20 Februari 2023, 11:17 WIB
Ibu Negara Seluruh Dunia Ungkapkan Belasungkawa dan Dukungan kepada Emine Erdogan
Emine Erdogan/Net
rmol news logo Sejumlah ibu negara dari seluruh dunia ikut menyampaikan pesan solidaritas dan belasungkawa kepada ibu negara Turki Emine Erdogan setelah gempa bumi dahsyat memporak-porandakan wilayah selatan Turki.

Dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (19/2), di antara mereka yang menyampaikan duka cita kepada ibu negara adalah Jill Biden, istri Presiden AS Joe Biden.

"Joe dan saya mengirimkan belasungkawa tulus kami kepada orang-orang Turki. Kami sangat sedih atas gempa dahsyat yang telah menyebabkan hilangnya ribuan nyawa. Anda berada dalam doa kami selama masa sulit ini," kata Jill Biden dalam suratnya.

Ibu Negara Prancis Brigitte Macron ikut menyampaikan hal serupa lewat pesan yang ia tujukan kepada Emine Erdogan.

"Saya ingin menyampaikan kepada Anda bahwa saya sangat merasakan duka Anda. Prancis sangat berduka," ujarnya.

Ibu negara Paraguay Silvana Abdo berkata: "Tolong terima belasungkawa tulus saya atas hilangnya nyawa dan kehancuran yang diderita oleh orang-orang Turki. Di masa-masa sulit ini, doa dan pikiran saya bersamamu, sahabatku."

Dalam panggilan telepon dengan Emine Erdogan, ibu negara Nigeria Aisha Buhari menekankan kerentanan masyarakat terhadap bencana alam dan pentingnya kerja sama untuk melindungi umat manusia.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan belasungkawa tulus saya kepada Anda dan orang-orang Turki yang cantik. Istri para pemimpin Afrika, keluarga saya, dan wanita Nigeria berbagi kesedihan Anda," ujarnya.

Ibu negara Gabon, Sylvia Bongo berkata: "Belasungkawa tulus saya kepada Anda dan keluarga yang berduka dari mereka yang kehilangan orang yang mereka cintai."

Ibu negara Kroasia, Sanja Music Milanovic, berharap pemulihan yang cepat bagi yang terluka.
"Di saat-saat sulit bagi Republik Turki ini, yang dihadapkan pada tragedi kemanusiaan yang besar, saya mengungkapkan solidaritas saya dengan keluarga para korban dan dengan semua warga negara Anda," katanya.

Kenang jasa Turki kepada negaranya saat dilanda perang Korea, Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon-hee juga ikut memberi dukunga moril.

"Rakyat Korea secara sukarela mengirimkan bahan bantuan dan sumbangan ke Turki dengan harapan bahwa Turki akan berhasil pulih dari kerusakan akibat gempa bumi," kata Kim.

"Saya berharap persahabatan kedua negara, yang semakin bersinar di masa sulit ini, akan memperkuat masyarakat Turki," tambahnya.

Ibu negara Uzbekistan Ziroatkhon Hoshimova juga menyampaikan belasungkawa, begitu pula Maria Begona Gomez Fernandez, istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, mengungkapkan kesedihan dan solidaritas dengan Turki.

"Kami sangat terguncang oleh dahsyatnya tragedi tersebut. Hati kami bersama para korban gempa, keluarga mereka, dan tim penyelamat," kata mereka. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA