Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menuju Normalisasi Hubungan, Turki Dan Mesir Mulai Lakukan Konsultasi Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 05 Mei 2021, 14:18 WIB
Menuju Normalisasi Hubungan, Turki Dan Mesir Mulai Lakukan Konsultasi Politik
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Turki dan Mesir mulai melakukan konsultasi politik menuju normalisasi hubungan kedua negara yang terputus selama kurang lebih delapan tahun.

Wakil Menteri Luar Negeri Turki Sedat Onal dan Wakil Menteri Luar Negeri Mesir Hamdi Sanad Loza melakukan pertemuan di Kairo pada Rabu (5/5) hingga Kamis (6/5) untuk membahas langkah-langkah menuju normalisasi.

"Pembicaraan pendahuluan ini akan fokus pada langkah-langkah yang diperlukan yang dapat mengarah ke normalisasi hubungan antara kedua negara secara bilateral dan dalam konteks regional," kata Kementerian Luar Negeri Turki, seperti dikutip Sputnik.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengumumkan dimulainya kontak diplomatik dengan Mesir.

Saat itu sebuah sumber di Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan upaya dimulai dengan Cavusoglu dan mitranya dari Mesir, Sameh Shoukry saling mengucapkan selamat atas bulan suci Ramadhan di tengah upaya normalisasi hubungan bilateral.

Hubungan Turki dengan Mesir memburuk setelah penggulingan Presiden Mesir Mohamed Morsi pada Juli 2013 dan bentrokan berdarah sesudahnya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dengan keras mengutuk tindakan militer Mesir terhadap pendukung Morsi yang digulingkan.

Turki dan Mesir kemudian memanggil duta besar mereka untuk berkonsultasi pada Agustus 2013, setelah itu Kairo dan Ankara saling mengusir utusan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA