Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Blinken Dorong Korea Utara Ambil Jalan Diplomasi Dengan AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 04 Mei 2021, 10:48 WIB
Blinken Dorong Korea Utara Ambil Jalan Diplomasi Dengan AS
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un/Net
rmol news logo Korea Utara perlu mengambil opsi diplomasi untuk bergerak maju bersama Amerika Serikat (AS) menuju kesepakatan denuklirisasi.

Begitu yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ketika melakukan kunjungan ke London untuk pertemuan G7 pada Senin (3/5).

Dalam kunjungan itu Blinken melakukan konsultasi dengan rekan-rekannya dari Jepang dan Korea Selatan mengenai pendekatan baru Presiden Joe Biden terhadap Korea Utara.

"Saya berharap Korea Utara akan mengambil kesempatan untuk terlibat secara diplomatis dan melihat apakah ada cara untuk bergerak maju menuju tujuan denuklirisasi lengkap di semenanjung Korea," kata Blinken, seperti dikutip AFP.

"Saya kira, tergantung pada Korea Utara untuk memutuskan apakah mereka ingin terlibat atau tidak atas dasar itu," lanjutnya.

Biden memerintahkan penijauan ulang kebijakan Korea Utara pada era pemerintahan Donald Trump.

Blinken mengakui bahwa pemerintahan AS telah gagal menghentikan pekerjaan nuklir Korea Utara, yang telah melakukan enam uji coba bom atom sejak 2006.

"Apa yang kita miliki sekarang adalah kebijakan yang menyerukan pendekatan praktis dan terkalibrasi yang terbuka dan akan mengeksplorasi diplomasi dengan Korea Utara untuk mencoba membuat kemajuan praktis," ujar Blinken. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA