Sinergi Majukan Negeri: 60.000 Masyarakat Indonesia Rasakan Manfaat Aksi Sosial Bank Mandiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 06 November 2025, 10:21 WIB
Sinergi Majukan Negeri:  60.000 Masyarakat Indonesia Rasakan Manfaat Aksi Sosial Bank Mandiri
60.000 Masyarakat Indonesia Rasakan Manfaat Aksi Sosial Bank Mandiri (Foto: Bank Mandiri)
rmol news logo Bank Mandiri merayakan ulang tahun ke-27 dengan mengukuhkan peranannya dalam pembangunan nasional melalui inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bertema "Sinergi Majukan Negeri". 

Corporate Secretary Bank Mandiri, M. Ashidiq Iswara, menekankan bahwa ribuan karyawan (Mandirian) aktif terlibat, menunjukkan bahwa kepedulian sosial telah menjadi budaya inti perusahaan.

“Selama 27 tahun hadir di tengah masyarakat, kami percaya kemajuan bangsa dapat dicapai melalui kepedulian dan sinergi antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Melalui rangkaian TJSL ini, Bank Mandiri ingin menghadirkan manfaat nyata bagi masyarakat luas dari peningkatan daya beli, kesehatan, pendidikan, hingga pemberdayaan ekonomi lokal. Inilah wujud ‘Sinergi Majukan Negeri’ yang menjadi semangat kami untuk terus berkontribusi bagi Indonesia,” ujar  Ashidiq Iswara, dalam keterangan yang diterima redaksi di Jakarta, Kamis 6 November 2025.

Sepanjang September hingga Oktober 2025, Bank Mandiri berhasil menjangkau lebih dari 60.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia melalui empat program utama yang berfokus pada kesejahteraan, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Empat program tu adalah; Pasar Murah Mandiri, Mandiri Bakti Kesehatan, Aksi Bersih Mandiri, dan Mandiri Peduli Sekolah.

1.  Pasar Murah Mandiri, program ini berperan penting dalam membantu daya beli masyarakat. Pasar Murah Mandiri mendistribusikan 50.000 paket sembako dengan harga tebus yang sangat terjangkau, sekaligus memberdayakan sekitar 400 pelaku UMKM lokal yang turut dilibatkan.

2.  Mandiri Bakti Kesehatan, program ini menyediakan layanan kesehatan, pemeriksaan, dan konsultasi medis gratis bagi 7.000 masyarakat di 12 wilayah. Fokus utama diberikan kepada pekerja sektor informal (seperti nelayan, petani, dan pedagang pasar) dengan tujuan meningkatkan kesadaran hidup sehat dan produktivitas mereka.

3.  andiri Peduli Sekolah, program ini menjangkau 27 sekolah dasar hingga menengah di seluruh Indonesia. Bantuan yang diberikan berupa renovasi fasilitas belajar dan pembangunan Pojok Baca yang aman dan inspiratif. Uniknya, Pojok Baca ini diisi melalui donasi buku langsung dari karyawan (*Mandirian*), menandai keterlibatan penuh insan Mandiri dalam mendukung literasi anak bangsa.

4.  Aksi Bersih Mandiri, ini adalah komitmen terhadap lingkungan diwujudkan melalui Aksi Bersih Mandiri, yang berhasil mengumpulkan lebih dari 10 ton sampah dari 27 titik perairan strategis. Bank Mandiri tidak hanya membersihkan, tetapi juga memastikan pengelolaan sampah dilakukan secara bertanggung jawab, mulai dari daur ulang hingga pengolahan sampah menjadi Refuse Derived Fuel (RDF), yakni bahan bakar alternatif.

“Perjalanan 27 tahun Bank Mandiri tidak hanya tentang pencapaian bisnis, tetapi juga tentang bagaimana kami hadir memberi arti bagi masyarakat. Melalui berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ini, kami ingin memastikan kehadiran Bank Mandiri benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat, dari kota hingga pelosok negeri,” ujar  Ashidiq Iswara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOLLOW US

ARTIKEL LAINNYA