Konsistensi ini diwujudkan melalui aktivasi program Looping for Life di ajang Livin’ Fest 2025, yang berlangsung meriah di Nusantara International Convention Exhibition (NICE), PIK 2, Tangerang, Banten.
Corporate Secretary Bank Mandiri M. Ashidiq Iswara menjelaskan bahwa Livin’ Fest 2025 sukses menjadi perayaan besar ekonomi kreatif nasional, mencatat lebih dari 111.000 pengunjung dengan partisipasi 550 tenant nasional.
Sebagian besar di antaranya merupakan UMKM kreatif dari sektor kuliner, fesyen, kriya, kecantikan, dan olahraga yang menampilkan potensi ekonomi lokal dengan sentuhan inovasi dan daya saing global.
“Melalui Livin’ Fest, kami ingin menghadirkan ruang bagi pelaku UMKM untuk berkembang sekaligus memperkuat kesadaran akan pentingnya keberlanjutan,” ujar Ossy sapaan akrab Ashidiq dalam keterangan tertulis, Jumat 24 Oktober 2025.
Program Looping for Life merupakan inisiatif edukasi publik yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengurangan emisi karbon.
Melalui aktivasi berkelanjutan ini, Bank Mandiri mengolah limbah tekstil menjadi produk baru bernilai ekonomi tinggi (upcycled textile) sebagai bentuk aksi nyata terhadap perubahan iklim.
Pada Livin’ Fest 2025, Bank Mandiri menghadirkan kolaborasi inspiratif bersama Othman, brand UMKM lokal yang bergerak di bidang sustainable fashion.
“Dengan semangat Looping for Life, kami berupaya menciptakan siklus kebaikan yang tidak hanya mengurangi limbah tekstil, tetapi juga memperluas kesempatan kerja dan memperkuat ekonomi kerakyatan,” lanjut Ossy.
Pada tahap awal, inisiatif ini telah memproduksi 1.000 outer eksklusif dari pengolahan 3.000 pakaian bekas dengan dampak lingkungan signifikan. Aksi ini berdampak pada penghematan lebih dari 8 juta liter air dan pengurangan emisi karbon sebesar 22.000 kgCO?e. Antusiasme masyarakat pun luar biasa dimana 400 potong outer kolaborasi terjual habis hanya dalam satu hari.
Aksi keberlanjutan Looping for Life selaras dengan visi besar Asta Cita Presiden Prabowo Subianto, khususnya dalam membangun ekonomi yang berdikari, berkeadilan, dan berkelanjutan.
Melalui program ini, Bank Mandiri menggerakkan seluruh insan Mandiri untuk menciptakan siklus kebaikan tanpa henti yang berfokus pada tiga pilar utama pembangunan nasional: pemberdayaan masyarakat, pelestarian lingkungan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.
“Produk hasil upcycling tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memiliki nilai ekonomi tinggi dan membuka peluang kerja baru. Sustainable fashion bukan sekadar tren, melainkan bagian dari transformasi menuju gaya hidup, produksi, dan konsumsi yang lebih bertanggung jawab,” demikian Ossy.
Dengan langkah nyata ini, Bank Mandiri menegaskan komitmennya untuk mendorong ekonomi rendah karbon dan mewujudkan Indonesia yang lebih hijau, inklusif, dan berdaya saing global.
Program Looping for Life menjadi perwujudan nyata semangat Sinergi Majukan Negeri yang akan terus dilanjutkan pada seluruh rangkaian Livin’ Fest 2025 di 10 kota besar di seluruh Indonesia hingga 14 Desember 2025 mendatang.
BERITA TERKAIT: