Westpac PHK 200 Teller demi Adaptasi Layanan Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 24 September 2025, 12:36 WIB
Westpac PHK 200 Teller demi Adaptasi Layanan Digital
Gedung Westpac Australia (Foto: Westpac)
rmol news logo Salah satu bank terbesar di Australia, Westpac, memangkas 200 pekerjaan teller demi mendorong nasabah beralih ke layanan digital. 

Dalam pernyataannya, Westpac mengatakan posisi tersebut akan dialihkan ke bagian pinjaman rumah dan bisnis, dengan rencana merekrut 200 bankir baru.

"Tahun ini kami berinvestasi dalam strategi digital pertama kami untuk mendukung perubahan kebutuhan nasabah kami," kata Manajer Umum Perbankan Ritel Westpac, Damien MacRae, dikutip dari 9News, Rabu 24 September 2025.

Westpac telah mengalokasikan 200 juta Dolar Australia dalam tiga tahun untuk peningkatan ATM, cabang, dan aplikasi. Staf juga akan dilatih membantu nasabah beradaptasi dengan layanan digital.

Namun, Serikat Pekerja Sektor Keuangan menilai pemangkasan ini merugikan. 

"Masyarakat masih bergantung pada layanan tatap muka, dan pekerja tidak boleh dikorbankan demi penghematan biaya yang berkedok inovasi," ujar Sekretaris Nasional FSU, Julia Angrisano.

Langkah ini merupakan bagian dari restrukturisasi besar Westpac yang bisa menghilangkan 1.500 pekerjaan. Sebelumnya, ANZ dan NAB juga mengumumkan ribuan PHK. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

FOLLOW US

ARTIKEL LAINNYA