Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teten Masduki: UMKM Harus jadi Bagian Konkret dari Perbaikan Struktur Perekonomian RI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 09 Oktober 2024, 10:40 WIB
Teten Masduki: UMKM Harus jadi Bagian Konkret dari Perbaikan Struktur Perekonomian RI
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki/Foto: KemenkopUKM
rmol news logo Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) terus mendorong pertumbuhan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).  Sejauh ini UMKM telah berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. 

Dukungan yang diberikan KemenkopUKM  selama ini mulai dari kemudahan akses permodalan, pemasaran, legalitas hingga pemanfaatan teknologi.

Berbicara dalam acara bedah buku serial Pengarusutamaan Strategi Pengembangan Koperasi dan UKM, di Tangerang, baru-baru ini, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan, transformasi dan inovasi pengembangan koperasi dan UMKM perlu terus dilakukan. 

Menurutnya, UMKM selama ini menjadi tulang punggung perekonomian nasional, namun keberadaannya sering dikesampingkan.

"UMKM kita betul-betul menjadi backbone ekonomi. Dari angka statistik dan kontribusi terhadap PDB hingga ke penyediaan lapangan kerja, itu berasal dari UMKM. Tapi getirnya, UMKM hanya dipuji dari sisi resiliensinya saja, setelah itu dilupakan," kata Teten, dikutip Rabu 9 Oktober 2024. 

Ia kemudian meminta agar praktik baik yang telah dilakukan KemenKopUKM dan yang telah didokumentasikan di dalam Buku Serial Pengarusutamaan Strategi Pengembangan Koperasi dan UKM dapat dilanjutkan. 

Ia berharap strategi pengembangan koperasi dan UMKM yang tertulis di dalam buku serial tersebut dapat menjadi acuan bersama baik oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah dalam strategi pengembangan koperasi dan UKM.

"Buku ini menggambarkan upaya kita dalam memperkuat ekonomi melalui koperasi dan UMKM. Kita harapkan ini menjadi referensi strategis bagi semua pihak untuk dilanjutkan dalam pengembangan koperasi dan UMKM," katanya.

Buku Serial Pengarusutamaan Strategi Pengembangan Koperasi dan UKM ini terdiri dari tujuh judul. Mulai dari ringkasan, rumah produksi bersama dan minyak makan merah, korporatisasi petani dan koperasi multi pihak, transformasi pembiayaan UMKM, Solusi nelayan, entrepreneur hub dan digitalisasi, hingga reformasi BLU.

Di akhir masa jabatannya, Teten berharap agar keberadaan UMKM tidak hanya sekadar menjadi bumper bagi perekonomian namun benar-benar menjadi bagian konkret dari perbaikan struktur perekonomian nasional. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA