Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kelas Menengah RI Didominasi Gen Z dan Gen Alpha, Jumlahnya Kian Menyusut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 31 Agustus 2024, 15:13 WIB
Kelas Menengah RI Didominasi Gen Z dan Gen Alpha, Jumlahnya Kian Menyusut
Ilustrasi/RMOL
rmol news logo Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 36,89 persen atau sepertiga penduduk kelas menengah diisi Gen Z dan Generasi Alpha.
HUT 79 RI

Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan kelas menengah di Indonesia didominasi  penduduk muda dengan generasi Z sebanyak 24,12 persen dan generasi Alpha 12,7 persen.

"Kalau kita lihat usia dari penduduk kelas menengah sekitar 1 dari 3 penduduk kelas menengah itu merupakan generasi Z dan generasi Alpha," kata Amalia dalam konferensi pers di Kantor Pusat BPS, dikutip Sabtu (31/8).

Sementara untuk penduduk yang menuju kelas menengah mayoritas diisi merupakan Gen Z sebesar 25,45 persen, Milenial 24,06 persen, Gen X sebesar 21,55 persen, Gen Alpha 16,58 persen dan pre boomers 11,09 persen. 

"Kalau kita lihat dari penduduk yang menuju kelas menengah maka 42 persen dari kelompok menuju kelas menengah merupakan generasi Z dan generasi Alpha," ujarnya. 

Amalia juga menambahkan, mayoritas kelas menengah ini berstatus sebagai pekerja formal. 

"Ternyata mayoritas pekerja kelas menengah dan kelompok menuju kelas menengah pekerjaannya berstatus formal. Dia berusaha dibantu buruh tetap atau dia memang sebagai buruh karyawan atau pegawai," tuturnya.

Meski demikian, belum lama ini BPS juga merilis data yang mengungkapkan jumlah kelas menengah RI terus menyusut pada 2024 ini menjadi hanya 47,85 juta orang atau sekitar 17,13 persen dari total populasi.

Angka ini menurun 9,48 juta dibandingkan dengan tahun 2019, di mana kelas menengah masih mencapai 57,33 juta orang atau 21,45 persen dari total penduduk.

"Jumlah dan persentase penduduk kelas menengah mulai menurun pasca pandemi, sebaliknya jumlah dan persentase penduduk menuju kelas menengah meningkat," kata Amalia beberapa waktu lalu. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA