Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tekan Harga, Sandiaga Uno Setuju Pajak Tiket Pesawat Dihapus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 06 Agustus 2024, 15:24 WIB
Tekan Harga, Sandiaga Uno Setuju Pajak Tiket Pesawat Dihapus
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat ditemui di Menara Mandiri, Jakarta, pada Selasa (6/8)/RMOL
rmol news logo Usulan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang ingin menghapus pajak tiket pesawat mendapat dukungan penuh dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Menurut Sandi, hal tersebut dapat menekan harga tiket pesawat yang sejauh ini banyak dikeluhkan masyarakat. 

“Super setuju, ya. Karena kalau kita lihat, salah satu penyumbang harga tiket yang mahal itu adalah pajaknya,” kata Sandiaga Uno ketika ditemui di Jakarta, Selasa (6/8).

Dalam hal ini, Sandiaga menyoroti harga tiket murah diyakini dapat menggerakkan wisatawan nusantara dan perekonomian domestik. Sehingga nantinya pendapatan tersebut dapat mengganti pemasukan negara yang hilang dari penghapusan pajak tiket pesawat.

“Jadi, kita harus cari bauran kebijakannya yang bisa menambal hilangnya pajak dari tiket pesawat, tetapi (pendapatan negara) justru bertambah dari pergerakan wisatawan nusantara tersebut,” kata Sandiaga.

Rencana penghapusan pajak tiket pesawat ini beredar setelah Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub mengungkapkan hasil kajian bersama lintas pemangku kepentingan soal penurunan harga tiket pesawat.

Dalam kajian tersebut, Kemenhub mengusulkan penghapusan pajak tiket untuk pesawat udara untuk menciptakan kesetaraan perlakuan (equal treatment) dengan moda transportasi lainnya yang telah dihapuskan pajaknya berdasarkan PMK Nomor 80/PMK.03/2012. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA