Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HUT Ke-77 Momentum Kemnaker Refleksikan Pembangunan Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 27 Juli 2024, 10:42 WIB
HUT Ke-77 Momentum Kemnaker Refleksikan Pembangunan Nasional
Perayaan ulang tahun ke-77 tahun Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker)/Ist
rmol news logo Usia Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang sudah menginjak 77 tahun jadi momentum merefleksikan kembali kontribusi kepada pembangunan nasional.
HUT 79 RI

"Refleksi ini sangat penting agar Kemnaker mampu menjadi organisasi publik yang berkembang dan relevan menjawab berbagai persoalan bangsa, baik saat ini maupun di masa mendatang," kata Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor, Sabtu (27/7).

Sejarah panjang Kemnaker bermula pada 19 Agustus 1945 saat rapat PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) untuk penetapan jumlah Kementerian di awal Republik Indonesia berdiri. Saat itu, urusan ketenagakerjaan masih berada di bawah Kementerian Sosial. 

Selanjutnya pada 25 Juli 1947, barulah berdiri Kementerian Perburuhan. Setelah Republik Indonesia Serikat berakhir, struktur organisasi Kementerian Perburuhan kemudian disempurnakan pada tahun 1951. 

"Di sinilah mulai tampak kelengkapan struktur organisasi kementerian sampai tingkat daerah dengan uraian tugas yang jelas. Pada masa transisi 1966-1969, Kementerian Perburuhan kemudian berubah nama menjadi Departemen Tenaga Kerja (Depnaker), " ujarnya.

Setelah mengalami bongkar-pasang, struktur urusan kementerian menjadi lebih solid memasuki masa reformasi. HIngga pertengahan tahun 2014, urusan ketenagakerjaan melekat dengan urusan ketransmigrasian di dalam tubuh satu kementerian. 

"Namun, sejak masa Presiden Joko Widodo, kementerian ini semakin fokus pada urusan ketenagakerjaan, terbukti dengan bergabungnya saya sebagai Wakil Menteri Kementerian ini sejak Juni 2022," ujarnya.

Kemnaker sendiri telah merayakan upacara peringatan HUT ke-77 di ruang Tridarma, Jalan Gatot Subroto, Kavling 51, Jakarta, Kamis (25/7). rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA