Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ziarah ke Makam Bung Hatta, Dekopin Kenang Perjuangan Bangun Koperasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Minggu, 07 Juli 2024, 17:12 WIB
Ziarah ke Makam Bung Hatta, Dekopin Kenang Perjuangan Bangun Koperasi
Ketua Dewan Penasihat Dekopin Prof. Jimly Ashidiqie bertindak sebagai inspektur upacara saat ziarah ke makam Bung Hatta di pemakaman Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu (7/7)/Ist
rmol news logo Dalam rangka menyambut Hari Koperasi, pengurus Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) berziarah ke makam Bung Hatta di pemakaman Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu (7/7).

Hari Koperasi yang diperingati setiap 12 Juli selalu terkenang perjuangan Wakil Presiden pertama RI sekaligus Proklamator Kemerdekaan itu dalam membangun koperasi Indonesia.

Ketua Dewan Penasihat Dekopin Prof. Jimly Ashidiqie bertindak sebagai inspektur upacara dalam prosesi ziarah tersebut. Dia mengutarakan teramat banyak peran dan jasa Bung Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Turut hadir Wakil Ketua Umum Dekopin Dr Ferry Juliantono, Agung sujatmiko, Sharmila dan para pengurus lainnya serta ratusan perwakilan gerakan koperasi di Indonesia.

Di tengah rintik hujan, upacara tersebut berjalan khidmat seakan semesta merestui perjuangan koperasi Indonesia dalam memakmurkan rakyat.

Dr. Ferry Juliantono menyatakan bahwa acara ini sangat penting untuk mengingat kembali peran sejarah Bung Hatta menjaga ekonomi Indonesia tetap sesuai dengan Pancasila dan tidak menjadi liberal kapitalistik.

“Kami mengharapkan pemerintahan Pak Prabowo nanti akan menempatkan koperasi sebagai badan usaha yang menjadi pilar pembangunan,” ujar Ferry.

“Kami siap mendukung karena ini adalah amanat konstitusi dan tokoh pergerakan awal koperasi termasuk Bung Hatta dan Margono Djojohadikusumo dan yang lainnya,” pungkas Ferry menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA