Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sri Mulyani: Penerima LPDP di Era Jokowi Capai 45 Ribu Orang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 04 Juli 2024, 19:03 WIB
Sri Mulyani: Penerima LPDP di Era Jokowi Capai 45 Ribu Orang
Menteri Keuangan Sri Mulyani/Net
rmol news logo Sebanyak 45.496 orang tercatat telah mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selama masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI, Kamis (4/7).

Berdasarkan laporan bendahara negara itu, beasiswa tersebut menggunakan dana APBN yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Untuk pendidikan tinggi, APBN melalui pemupukan Dana Abadi Pendidikan telah memberikan Beasiswa LPDP kepada 45.496 putra-putri terbaik bangsa. Sehingga mereka mampu meraih pendidikan terbaik di berbagai universitas di dalam maupun di luar negeri,” kata Sri Mulyani.

Sebelumnya, Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso mengatakan, hingga akhir Januari 2024 total dana abadi pendidikan tercatat sebesar Rp139,11 triliun. Dana itu meningkat dibanding 2020 lalu yang hanya Rp50 triliun.

"Kenaikan hingga hampir tiga kali lipat ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan SDM Indonesia," ujarnya.

Adapun Kementerian Keuangan mencatat akumulasi pendanaan riset LPDP hingga Mei 2024 dilaporkan sebanyak 2.946 proyek dengan nilai Rp2,70 triliun.

Sementara itu, jumlah alumni per 31 Mei 2024 tercatat sebanyak 20.265 orang, dengan 66,55 persen bekerja di sektor publik dan 33,45 persen bekerja di sektor privat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA