Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tersebar di Ribuan Titik, PLN Siagakan 1.470 SPKLU Saat Iduladha

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 17 Juni 2024, 10:40 WIB
Tersebar di Ribuan Titik, PLN Siagakan 1.470 SPKLU Saat Iduladha
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)/Net
rmol news logo PT PLN (Persero) menyiagakan 1.470 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik saat momen libur Iduladha 1445 H.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, antusiasme masyarakat dalam menggunakan mobil listrik terus meningkat, tidak hanya untuk penggunaan di dalam kota saja, tetapi juga ke luar kota.

Untuk itu, pihaknya, kata Darmawan menyiapkan banyak stasiun SPKLU untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pengisian baterai kendaraan listrik.

“Berkaca dari pengalaman arus mudik Idulfitri 1445 H yang lalu, animo penggunaan kendaraan listrik cukup tinggi. Untuk itu, dalam momen Idul Adha kali ini PLN siap mendukung penuh layanan infrastruktur kendaraan listrik bagi masyarakat,” ujar Darmawan dalam keterangan tertulis Senin (17/6).

Darmawan menambahkan, dalam memastikan kelancaran arus mudik bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik, PLN telah berkolaborasi dengan para mitra menghadirkan ribuan SPKLU di 1.028 lokasi di seluruh Indonesia.

Adapun seluruh fasilitas SPKLU ini tersebar di setiap rest area ruas tol di Indonesia dan titik-titik strategis dengan rincian 156 unit SPKLU Ultra Fast Charging, 240 unit SPKLU Fast Charging, 496 unit SPKLU Medium Charging dan 578 unit SPKLU Standard Charging.

Selain mengoptimalkan infrastruktur SPKLU, PLN juga menerjunkan personel siaga di setiap fasilitas SPKLU untuk memudahkan pelanggan dalam pengisian ulang kendaraan listrik.

Demi memastikan kenyamanan dan kelancaran arus mudik bagi masyarakat, seluruh akses informasi mengenai lokasi SPKLU dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi PLN Mobile, melalui fitur Trip Planner.

“Bagi pengguna kendaraan listrik, saat ini semakin tenang jika berkendara karena dengan fitur Trip Planner ini pengguna dapat mengetahui pengisian daya dari titik berangkat hingga titik akhir perjalanan. Fitur ini akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute perjalanan tersebut," ungkap Darmawan.

Lebih lanjut Dirut PLN itu menegaskan bahwa upaya penyediaan infrastruktur dan layanan kendaraan listrik selama momentum libur Iduladha ini sejalan dengan komitmen PLN untuk terus mendorong ekosistem kendaraan listrik.

“PLN terus berkomitmen meningkatkan ketersediaan infrastruktur dan layanan kendaraan listrik agar perjalanan mudik menjadi lebih nyaman,” pungkas Darmawan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA