Dimensy.id
Apollo Solar Panel

CEO Astro Akui Banyak Tantangan dalam Jalani Bisnis E-Grocery di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 12 Juni 2024, 19:45 WIB
CEO Astro Akui Banyak Tantangan dalam Jalani Bisnis E-Grocery di Indonesia
Chief Executive Officer (CEO), Vincent Tjendra dan VP of Channel Operations Astro, Felix Aprilio Rahardjo saat melakukan konferensi pers pada Rabu, 12 Juni 2024 di Sarinah, Jakarta/RMOL
rmol news logo Chief Executive Officer (CEO), Vincent Tjendra, mengakui banyak menghadapi tantangan dalam menjalankan bisnis e-grocery di Indonesia.

Pasalnya, banyak bisnis serupa yang tumbuh di dalam negeri, serta margin yang didapat tidak sebanding dengan biaya operasional.

“Dari beberapa bisnis yang sudah dijalanin, Astro ini yang paling menantang menurut saya, karena perintilannya banyak ya,” kata Vincent kepada awak media di Sarinah, Jakarta pada Rabu (12/6).

Untuk itu, CEO dari platform quick commerce itu mengatakan bahwa pihaknya menjual produk bervariasi untuk menyiasati tantangan tersebut, sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya di area Jabodetabek.

“Kita stok barang apa, kita pilih bentuk apac temperaturnya beda2, suhu ruangan, chiller, dll, namun syukurnya dalam 2,5 tahun ini kita bisa mencapai nilai positif lah secara finansial. gimana caranya pemasukan kita ada. Makanya kita jual barang2 yang bervariasi jadi customer puas,” jelas Vincent.

Selain itu, Astro juga disebut aktif dalam melakukan inovasi, seperti membuka layanan 24 jam, hingga meluncurkan jaminan garansi, di mana para customer akan mendapatkan kompensasi ongkir 100 persen jika pesanan mereka terlambat 15 menit, dan mengganti barang baru jika ada kerusakan barang.

“Jadi kita mau kenalkan inovasi terbaru kita yaitu jaminan garansi. Ini berkat masukan dari customer selama ini. Dari kesalahan-kesalahan yang tidak bisa kita kontrol. Contoh kemacetan jalan, ada barang rusak, dan customer jadi kecewa dengan layanan padahal itu bukan salah mereka, itu salah kita," kata VP of Channel Operations Astro, Felix Aprilio Rahardjo.

Ke depannya, platform belanja online cepat itu melakukan ekspansi bisnis dengan memperluas layanannya ke luar Jabodetabek, seperti Bandung karena banyaknya minat dari masyarakat Indonesia.

“Kita juga mau ekspansi untuk meningkatkan jumlah. Jadi lebih banyak lagi pelanggan di Indonesia karena kita sering dapat masukan dari sosmed, Astro kapan si buka di sini, buka di situ. Jadi saya jawab dalam waktu dekat ya Inginnya Bandung,” ujar Vincent.

Sebagai informasi Astro sendiri tercatat telah melayani lebih dari 150 ribu customer setiap bulannya, dengan total 15 ribu produk yang ditawarkan dengan kecepatan pengantaran kurang dari sekitar 15-20 menit. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA