Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo: Starlink Bakal Dievaluasi Tiap 3 Bulan Sekali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 25 Mei 2024, 11:02 WIB
Menkominfo: Starlink Bakal Dievaluasi Tiap 3 Bulan Sekali
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi/Net
rmol news logo Layanan internet berbasis satelit, Starlink, milik Elon Musk yang baru beroperasi di Indonesia akan dievaluasi setiap 3 bulan sekali.

Hal tersebut dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan serta jangkauan internet secara luas bagi masyarakat Indonesia.

"Nanti kita lihat semuanya apa yang dilakukan sama mereka. Karena kan ini baru satu bulan mereka beroperasi, tunggu aja. Nanti per 3 bulan kita evaluasi ini (cara kerja) mereka bagaimana," jelas Budi dalam konferensi persnya secara virtual, Jumat (24/5).

"Karena prioritas Kominfo ini kan jangkauan, coverage, sekaligus peningkatan kualitas layanan. Kecepatan dalam hal ini, quality of service, di seluruh penjuru tanah air. Ini problem yang bisa terbantu," sambungnya.

Budi juga menuturkan bahwa dirinya akan memastikan kerja sama Starlink Indonesia dengan jasa penyelenggara internet di Indonesia dapat berjalan baik dan setara di lapangannya.

"Saya juga sudah perintahkan kepada jajaran Kominfo untuk terus melakukan pengawasan, monitoring dan evaluasi, penyelenggaraan telekomunikasi termasuk penyelenggaraan PT Starlink Service Indonesia. Itu semua sangat penting untuk memastikan equal playing field di industri telekomunikasi Indonesia dan tentu demi layanan internet yang inklusif untuk seluruh rakyat Indonesia," tegasnya. 

Seperti diketahui, Starlink sendiri baru diresmikan oleh Elon Musk di Bali pada akhir pekan kemarin. Layanan ini menawarkan paket internet satelit dengan tarif termurah dibanderol sekitar Rp750.000 per bulan. Layanan ini diklaim memiliki akses dan kecepatan internet yang lebih tinggi hingga 300 Mbps. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA