Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aliran Modal Asing Rp22,84 Triliun Masuk RI pada Pekan Kedua Mei 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 09 Mei 2024, 15:41 WIB
Aliran Modal Asing Rp22,84 Triliun Masuk RI pada Pekan Kedua Mei 2024
Ilustrasi/Net
rmol news logo Selama pekan pertama dan kedua Mei 2024, aliran modal asing (inflow) tercatat masuk ke Indonesia sebesar Rp22,84 triliun.

Inflow di pasar keuangan domestik itu masuk ke dalam negeri setelah Bank Indonesia (BI) menaikan suku bunga acuan sebesar 6,25 persen.

“Ini menunjukkan bahwa keputusan kita untuk menaikan BI-Rate dan suku bunga Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) meningkatkan confident pasar sehingga menarik aliran modal portofolio,” kata Gubernur BI Perry Warjoyo pada Rabu (8/5).

Berdasarkan data transaksi yang dihimpun BI, aliran modal asing itu masuk ke pasar Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp8,1 triliun, dan di SRBI sebesar Rp19,77 triliun.

Hal tersebut, kata Perry telah membuktikan bahwa keputusan BI dalam menaikkan BI Ratenya telah berhasil mengundang masuk modal asing ke Indonesia.

“Ini membuktikan respons kebijakan BI-Rate maupun kenaikan suku bunga SRBI memang berhasil menarik masuk aliran modal asing yang pada minggu-minggu sebelumnya yang sejak Ramadan terjadi outflow,” pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA