Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tertinggi dalam Lima Tahun, Ekonomi RI di Kuartal I 2024 Tumbuh 5,11 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 06 Mei 2024, 15:46 WIB
Tertinggi dalam Lima Tahun, Ekonomi RI di Kuartal I 2024 Tumbuh 5,11 Persen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2024 tercatat sebesar 5,11 persen secara tahunan (yoy).

Berdasarkan rilis data dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka tersebut lebih tinggi dibandingkan kuartal I 2023 lalu yang hanya tumbuh sebesar 5,04 persen.

PLT Kepala BPS, Amalia Widyasanti, mengatakan capaian itu merupakan pertumbuhan ekonomi kuartal I tertinggi dalam lima tahun terakhir.

"Ini merupakan pertumbuhan triwulan I tertinggi sepanjang periode 2019 sampai dengan 2024," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (6/5).

Pada kuartal pertama tahun ini, hampir seluruh lapangan usaha di seluruh sektor tercatat mengalami pertumbuhan positif, kecuali pada sektor pertanian yang mengalami kontraksi 3,54 persen, karena El Nino.

"Pertanian terkontraksi disebabkan oleh penurunan produksi komoditas pertanian pada awal 2024 khususnya tanaman pangan karena fenomena El Nino yang berpengaruh pada paruh kedua 2023," jelasnya.

Sementara lapangan usaha dengan kontribusi tertinggi terhadap ekonomi Indonesia antara lain yaitu industri pengolahan, perdagangan, konstruksi hingga pertambangan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA