Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korsel Bakal Hibahkan Instalasi Air untuk IKN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 27 April 2024, 13:53 WIB
Korsel Bakal Hibahkan Instalasi Air untuk IKN
Ilustrasi IKN/Net
rmol news logo Korea Selatan (Korsel) akan menghibahkan satu unit instalasi pengolahan airnya (IPA) atau water treatment plant untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPT) Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa hibah tersebut akan diserahkan secara resmi melalui nota Kesepahaman (MoU) dalam agenda World Water Forum (WWF) ke-10 pada 10-25 Mei mendatang dengan Indonesia sebagai tuan rumah, yang akan dilaksanakan di Bali.

"Ada (IPA berkapasitas) 300 liter per detik, sekarang sudah ada persiapan di lapangan. Tapi MoU akan dipakai sebagai seremonial di WWF," kata Basuki di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (26/4).

Tidak hanya itu, kata Basuki sejumlah MoU lainnya juga akan ditandatangani pemerintah dalam WWF mendatang, salah satunya dengan Japan International Cooperation Agency (JICA), Finlandia, serta dengan Tunisia.

Meski demikian, pihaknya masih belum dapat memastikan berapa banyak MoU serta jumlah hibah yang akan diterima pemerintah RI.

"Belum (bisa dipastikan berapa jumlah MoU) karena masih terus-terusan. Masih-masih (masuk), karena masih 25 hari (lagi). Biasanya pada saat-saat terakhir baru mereka konfirmasi," sambungnya.

Di sisi lain, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja, mengatakan bahwa WWF sendiri merupakan kesempatan emas bagi Indonesia, untuk mendorong dan memimpin dunia dalam mengatasi persoalan air.

"Indonesia akan memberi pengaruh besar terhadap arah kebijakan di bidang air ini," kata Endra dalam rilis resmi di situs WWF, Senin (16/4).

Menurut Endra, dalam pertemuan tersebut Indonesia akan mengungkap banyak hal terkait pengelolaan air yang menjadi kunci di berbagai banyak sektor. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA