Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Membangun Sokoguru Ekonomi

Fraksi PAN Dorong Gerakan Koperasi di Persyarikatan Muhammadiyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Senin, 22 April 2024, 03:13 WIB
Fraksi PAN Dorong Gerakan Koperasi di Persyarikatan Muhammadiyah
Anggota DPR Ahmad Najib Qodratullah bersama Ketua PDM Kabupaten Bandung Heli Tohar Hilmy/RMOLJabar
rmol news logo Gerakan koperasi yang digagas Bung Hatta diyakini sebagai sokoguru perekonomian nasional.

Anggota Komisi XI DPR Dapil Jawa Barat (Jabar) II Ahmad Najib Qodratullah, mengungkapkan pentingnya peran koperasi sebagai tulang punggung ekonomi umat dan bangsa saat menjadi narasumber seminar "Gerakan Ekonomi Umat sebagai Pilar Kemandirian Persyarikatan" dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspimda) dan Syawalan Keluarga Besar Muhammadiyah Kabupaten Bandung, Minggu (21/4).

"Koperasi sebagai sumber perekonomian kita yang sejak awal kemerdekaan ini selalu digaungkan, rasanya menjadi sangat ideal kalau kemudian menjadi tulang punggung rencana pengembangan ekonomi di Muhamadiyah," kata Najib dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Politisi PAN itu meyakini bahwa Muhammadiyah sebagai salah satu ormas Islam tertua di Indonesia sangat berhasil dalam mengembangkan pendidikan dan kesehatan yang dibuktikan dengan dibangunnya sekolah, rumah sakit hingga perguruan tinggi.

"Kita melihat Muhamadiyah ini terinspirasi dari pengelolaan layanan pendidikan dan kesehatan, kita lihat bahwa mereka cukup berhasil," jelasnya.

Keberhasilan dari pengelolaan lembaga pendidikan hingga kesehatan tersebut menjadi cerminan bahwa Muhammadiyah sangat mampu mengembangkan koperasi sebagai tulang punggung perekonomian.

"Jadi ketika kita bicara masalah perekonomian di Muhammadiyah, berangkat dari pengalaman pengelolaan di bidang pendidikan dan kesehatan, insya Allah saya yakin Muhammadiyah lebih mampu, artinya akan lebih besar potensinya ketimbang dari pengelolaan pendidikan dan kesehatan," beber Najib.

Bicara soal Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pembentukan koperasi, caleg DPR terpilih ini juga optimis jika kader-kader Muhammadiyah memiliki modal pengalaman dalam pengelolaan berbagai lembaga yang dibentuk oleh Muhammadiyah.

"Dengan modal Muhammadiyah yang memiliki pengalaman dalam pengelolaan pendidikan saya rasa hambatan tadi bisa dilalui dengan baik, jadi optimisme ini harus terus kita gaungkan terutama untuk keluarga besar Muhammadiyah agar mereka bangkit secara masif dan terstruktur untuk pengembangan ekonomi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA