Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkeu: Jepang dan Inggris Masuk Jurang Resesi, jadi Tantangan Global termasuk Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 21 Februari 2024, 09:15 WIB
Menkeu: Jepang dan Inggris Masuk Jurang Resesi, jadi Tantangan Global termasuk Indonesia
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Net
rmol news logo Perekonomian di negara maju akan tertekan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Jepang dan Inggris yang ternyata terlebih dulu masuk ke jurang resesi.

Menurutnya, hal itu ia ketahui setelah beberapa lembaga pada tahun ini melaporkan kinerja perekonomian negara-negara maju yang perekonomiannya akan cukup tertekan.

Tekanan tersebut dipengaruhi suku bunga yang merangkak tinggi di berbagai negara dalam waktu yang sangat singkat.  

“Jadi pasti mempengaruhi kinerja perekonomian mereka, itu yang menyebabkan kenapa proyeksi dan outlook ekonomi bagi banyak negara, terutama G7 itu akan cenderung melemah,” kata Sri Mulyani, usai Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2024 (PTIJK) di Jakarta, Selasa (20/2).

Negara G7 sendiri terdiri dari Amerika Serikat, Britania Raya, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Prancis.

Ia mengatakan, negara-negara maju tersebut mengalami resesi di saat situasi ekonomi mereka memang mulai melemah yang diperkirakan dampak dari perang di Ukraina yang berkepanjangan dan situasi global yang tidak menentu.

Dampak resesi yang dialami Jepang dan Inggris menjadi tantangan bagi lingkungan global, termasuk Indonesia. Jepang sendiri menjadi salah satu tujuan utama ekspor bagi Indonesia.

Jepang telah tergelincir ke dalam jurang resesi sehingga membuat negara tersebut terlempar dari ekonomi terbesar ketiga di dunia.

Inggris juga mengalami resesi pada paruh kedua tahun 2023, jauh dari target pertumbuhan Perdana Menteri Rishi Sunak. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA