Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Kembali Kucurkan Bansos Baru Rp11 Triliun di Masa Kampanye

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 30 Januari 2024, 12:36 WIB
Jokowi Kembali Kucurkan Bansos Baru Rp11 Triliun di Masa Kampanye
Presiden RI, Joko Widodo/Net
rmol news logo Di tengah masa kampanye Pemilu 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelontorkan bantuan sosial (bansos) terbaru dengan anggaran sebesar Rp11,2 triliun.

Berdasarkan keterangan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani bansos yang diberikan berupa bantuan langsung tunai (BLT), sebesar Rp200 ribu per bulan.

Akan tetapi, penerima nantinya akan diberikan BLT dengan skema rapel sekaligus pada Februari 2024 sebesar Rp600 ribu, yang diberikan pada bulan depan.

Bendahara negara itu menjelaskan bahwa pencairan bansos BLT tersebut akan sama seperti pencairan bansos El Nino sebesar Rp200 ribu per bulan, yang dicarikan dua bulan sekaligus menjadi Rp400 ribu.

"Karena kan ini sudah hampir selesai (Januari) jadi (disalurkan) Februari. Nanti tiga bulan sekaligus (disalurkan)," jelas Sri.

Adapun Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam gilirannya menjelaskan bahwa bansos ditujukan untuk masyarakat miskin sebagai mitigasi risiko pangan.

"Pemerintah memutuskan memberikan bantuan BLT dengan judul mitigasi risiko pangan untuk tiga bulan," ujarnya dalam Kantor Kemenko Perekonomian, Senin (29/1).

Menurut Airlangga bantuan itu diberikan selama tiga bulan yakni Januari, Februari dan Maret 2024. Namun, ada kemungkinan akan diperpanjang jika betul-betul bermanfaat bagi warga miskin.

"Itu untuk tiga bulan dan itu akan dievaluasi tiga bulan lagi," pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA