Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menperin: Perdagangan Indonesia-Vietnam Meningkat, 2022 Capai 13,3 Miliar Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Januari 2024, 10:46 WIB
Menperin: Perdagangan Indonesia-Vietnam Meningkat, 2022 Capai 13,3 Miliar Dolar AS
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat bertemu dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Vietnam Nguyen Hong Dien, di Hanoi, Kamis 11 Januari 2023/Foto Antara
rmol news logo Vietnam adalah salah satu negara mitra dagang utama bagi Indonesia. Hal itu ditegaskan Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita selama pertemuan dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Vietnam Nguyen Hong Dien di Hanoi, Kamis (11/1).

Menteri Agus mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada kunjungan kenegaraan di Vietnam.

Ia memaparkan, hubungan perdagangan Indonesia dan Vietnam terus meningkat seiring dengan semakin kuatnya kerja sama bilateral. Kolaborasi ini diharapkan mendorong peningkatan investasi baru di sektor industri yang berujung pada pertumbuhan ekonomi kedua negara.

"Vietnam adalah salah satu negara mitra dagang utama bagi Indonesia. Secara keseluruhan total perdagangan Indonesia dan Vietnam terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2022, nilai perdagangan kedua negara sebesar 13,3 miliar dolar AS," kata Agus dalam siaran pers Kemenperin.

Indonesia merupakan pasar yang sangat besar untuk sektor otomotif. Data menunjukkan, kepemilikan mobil di Indonesia sebesar 19,1 juta unit sedangkan sepeda motor 128 juta unit. Selain itu, proyeksi permintaan baterai untuk kendaraan listrik di Indonesia juga diperkirakan semakin meningkat.

Indonesia saat ini masuk peringkat 10 besar manufaktur dunia dengan nilai global manufacturing output sebesar 1,4 persen, sesuai laporan yang dirilis oleh Safeguard Global.

Sedangkan, berdasarkan data World Population Review, Indonesia menempati peringkat ke-12 dan Vietnam posisi ke-23. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA