Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tangkapan Melimpah, Harga Ikan Tongkol Turun Drastis di Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 11 Januari 2024, 04:59 WIB
Tangkapan Melimpah, Harga Ikan Tongkol Turun Drastis di Aceh
Ikan tongkol di TPI Lampulo Banda Aceh/RMOLAceh.
rmol news logo Harga ikan tongkol di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo, Banda Aceh Rp2 ribu per kilogram. Harga jual ini menurun drastis dari sebelumnya Rp15 ribu per kilogram.

“Penurunan harga ikan ini karena tangkapan nelayan melimpah,” kata Woyni, salah satu pedagang ikan di TPI PPS Lampulo, Banda Aceh, dikutip Kantor Berita RMOLAceh, Rabu (10/1).

Dia mengatakan penurunan harga ikan itu sudah terjadi sepekan lalu. Kemarin, lanjutnya, masih sekitar Rp3 ribu per kilogram.

“Dan hari ini turun lagi,” tuturnya.

Woyni menyebutkan hasil tangkapan nelayan yang melimpah membuat gudang pembeku ikan juga penuh. Di mana sehari, para nelayan dapat menangkap ikan sebanyak 25 ton.

“Kalau dulu cuma 8 sampai 10 ton saja,” sebut dia.  

Menurut dia, penurunan harga ikan dan tangkapan nelayan yang melimpah juga terjadi di daerah timur, barat Aceh. Bahkan sejumlah wilayah di Pulau Sumatera.

Woyni berharap Pemerintah Aceh dapat mencari solusi terhadap anjloknya harga ikan. Seperti  memperluas tempat penyimpanan ikan beku, melatih para nelayan terkait pengolahan ikan kaleng atau keumamah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA