Direktur Komersial dan Teknik SPSL, Ichwal Fauzi Harahap mengungkapkan, melalui kegiatan ini -yang dilakukan pada triwulan keempat 2023- SPSL menghimpun saran dan masukan dari para pelanggan guna mengevaluasi layanan yang diberikan perusahaan.
"Ini merupakan wujud komitmen perusahaan mendekatkan diri kepada para pelanggan. Dengan cara ini kami bisa mengetahui langsung kebutuhan, saran dan keluhan para pengguna jasa, guna meningkatkan kualitas pelayanan ke depan," paparnya, dalam keterangan yang diterima
Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (27/12).
Customer Hearing melibatkan para pengguna jasa SPSL berikut anak perusahaan. Upaya ini menjadi bagian dari proses evaluasi pelayanan perusahaan. Semua umpan balik dari pengguna jasa dievaluasi secara menyeluruh.
“Hasil evaluasi tersebut menjadi dasar untuk program peningkatan berkelanjutan, yang kemudian diintegrasikan dalam rencana kerja perusahaan. Tujuannya adalah menciptakan pelayanan yang unggul dan memastikan kepuasan pelanggan,” tegas Ichwal.
Customer Hearing bukan hanya sebagai langkah untuk menjaga hubungan baik semata, namun juga menjadi bagian dari pengembangan perusahaan yang bertumpu pada pemenuhan kebutuhan pelanggan. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan standar pelayanan secara keseluruhan sehingga memberikan kemajuan dan keberhasilan bagi semua pihak terkait.
Pada kesempatan tersebut, para pengguna jasa menyampaikan saran dan pendapat untuk perbaikan layanan ke depan. Salah satunya disampaikan oleh Haryson Bangun dari PT Tanto Sarana Deli, yang mengapresiasi kinerja SPSL Group.
"Kami cukup puas dengan kinerja SPSL Group. Saat ini lahan yang kami pakai tidak pernah banjir. Penerangan yang sebelumnya masih kurang, sekarang sudah ditingkatkan," ujarnya.
Capt. Agus Nurwahid dari PT Salam Pacific Indonesia Lines Cabang Makassar menyatakan bahwa pelayanan operasional SPSL Group, khususnya di Lapangan 100 Makassar, berjalan lebih baik dari sebelumnya. Meski demikian, dia mengharapkan adanya peningkatan kecepatan pelayanan yang terintegrasi dengan sistem operasi shipping line untuk pertukaran data real-time.
Ichwal kembali menegaskan bahwa SPSL akan terus meningkatkan layanan kepada pelanggan serta menciptakan ekosistem logistik yang terintegrasi. Fokus transformasi perusahaan untuk tahun 2024 antara lain meliputi ekspansi bisnis logistik, optimalisasi aset Pelindo yang belum termanfaatkan, dan komersialisasi area pendukung Terminal Kijing.
“Kami akan terus melakukan sistemisasi operasi dan digitalisasi pemasaran secara menyeluruh. Hal ini diharapkan mampu menciptakan bisnis yang lebih fleksibel dan kompetitif di seluruh wilayah layanan perusahaan,” tutupnya.
BERITA TERKAIT: