Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kereta Api Cepat China Resmi Beroperasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 27 Desember 2023, 13:05 WIB
Kereta Api Cepat China Resmi Beroperasi
Kereta api cepat terbaru China saat resmi dioperasikan pada 26 Desember 2023/Hinhua
rmol news logo Kereta api cepat terbaru China dengan kecepatan 350 kilometer per jam resmi beroperasi di Sichuan pada Selasa (26/12).

Mengutip Xinhua, Rabu (27/12), kereta api itu menghubungkan ibu kota Sichuan, Chengdu, dengan Kota Zigong dan Yibin.

"Kereta api berkecepatan tinggi Chengdu-Zigong-Yibin memiliki kecepatan 350 km per jam dan mempunyai 12 stasiun di sepanjang jalur 261 km," tulis laporan tersebut.

Kepala perusahaan kereta api Chengdu-Zigong-Yibin, Zhang Zongwei, mengakui banyaknya medan yang rumit yang ditempuh dalam proyek itu. Sehingga, jalur baru tersebut memiliki 231 jembatan dan 29 terowongan.

Dengan dioperasikannya kereta cepat baru itu, pemerintah China berharap daerah lain di provinsi tetangga seperti Yunan dan Guizhou dapat lebih terintegrasi dengan perekonomian Chengdu-Chongqing.

Transportasi ini sendiri telah menjadi bagian dari jaringan kereta api cepat di China, yang berpusat pada delapan jalur vertikal utama penghubung daerah utara dan selatan, serta delapan jalur horizontal yang menghubungkan timur dan barat.

Belakangan ini, perkembangan kereta api di China semakin melesat dengan banyaknya peluncuran jalur kereta api baru yang bertujuan sebagai konektivitas untuk mengiring pembangunan ekonomi dan sosial di dalam negeri.

Pada akhir November lalu, pemerintah China mencatat total jarak tempuh pengoperasian jaringan kereta api China telah melebihi 155.500 km. Capaian itu termasuk 43.700 km jalur kereta api yang berkecepatan tinggi. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA