Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gunakan Branding Persib, Relawan Mang Mahfud Dorong UMKM Naik Kelas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 19 Desember 2023, 03:45 WIB
Gunakan Branding Persib, Relawan Mang Mahfud Dorong UMKM Naik Kelas
Robby Darwis (kiri), Joe Project P (tengah) dan Iwan Setiawan (kanan)/RMOLJabar
rmol news logo Tak sekadar klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat (Jabar), Persib Bandung sudah menjadi ruh dan gaya hidup bagi warga baik tua maupun muda. Termasuk dalam meningkatkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) naik kelas.

Inisiator Relawan Mang Mahfud, Iwan Setiawan mengungkapkan hal tersebut di Kafe Kampring Jalan Maskumambang No. 39 Kota Bandung, Senin (18/12).

"Persib sudah jadi bagian yang tak terpisahkan dari warga Jawa Barat. Baik Tua maupun muda," kata Iwan, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Sosok yang kerap disapa Kang Iwan itu melihat Persib sebagai heritage dan aset penting bagi masyarakat Jawa Barat.

"Kecintaan warga Jawa Barat pada Persib tak lekang oleh waktu karena diturunkan dari generasi ke generasi," ujarnya.

Dia juga melihat kuatnya dukungan masyarakat pada Persib dan dunia sepakbola sebagai peluang ekonomi.

"Banyak usaha yang sudah berkembang dan ke depan kita harus mendorong diversifikasi usaha yang berbasis brand Persib," jelasnya.

Melalui Sekretariat Relawan Mang Mahfud, Kang Iwan membuka masukan dan saran dari masyarakat terkait optimalisasi potensi ekonomi dari dunia sepak bola dan komunitas pendukung persib.

Sementara itu, legenda sepakbola nasional, Robby Darwis, menyambut baik pembukaan sekretariat Relawan Mang Mahfud. Dia mendukung upaya Kang Iwan dalam merangkul bobotoh Persib.

“Semakin banyak pihak yang peduli tentu semakin baik," ungkapnya.

Dia mendorong para pengusaha, pemerintah, akademisi maupun media untuk bersinergi membantu UMKM yang bergerak di bidang kaos dan merchandise Persib supaya naik kelas.

Pengusaha besar bisa jadi orang tua asuh, pemerintah memberi pendampingan, akademisi bisa mendorong inovasi dan media juga harus ikut mempromosikan," tandasnya.

Diketahui, Relawan Mang Mahfud menggelar acara nonton bersama pertandingan antara Persib Bandung melawan Bali United di Kafe Kampring Jalan Maskumambang No. 39 Kota Bandung.

Ratusan Bobotoh Persib hadir dalam acara tersebut. Suasana makin ramai dengan kehadiran legenda Persib Robby Darwis. Selain mengomentari jalannya pertandingan, Robby Darwis juga berinteraksi dengan para bobotoh dalam acara kuis yang diselenggarakan panitia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA