Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Transformasi Berkelanjutan BTN Ungguli Seluruh Bank Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Selasa, 19 Desember 2023, 00:19 WIB
Transformasi Berkelanjutan BTN Ungguli Seluruh Bank Nasional
Ilustrasi Foto/Net
rmol news logo Founder Bumi Global Karbon (BGK), Foundation, Achmad Deni Daruri menilai, dari seluruh bank nasional, kinerja BTN dalam menjalankan transformasi berkelanjutan paling unggul.

"Kami apresiasi kinerja BTN terkait transparansi pengungkapan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG)," kata Deni dalam keterangannya di Jakarta, Senin (18/12).  

Berdasarkan penilaian BGK Foundation terhadap tingkat pengungkapan ESG 2022, kata dia, Bank BTN meraih nilai rata-rata 86,76 persen pada 2022. Berhak mendapatkan predikat Leadership AA. Di mana, rata-rata ESG BTN, naik 13,76 persen ketimbang 2021. Atau naik dari 73 persen menjadi 86,76 persen.

Dalam hal ini, BTN mengungguli pencapaian kenaikan rata-rata ESG bank-bank besar, seperti BRI (naik 0,96 persen), Bank Mandiri (turun 5,22 persen), CIMB Niaga (naik 12,38 persen), BNI (turun 6,17 persen), dan BCA (naik 7,52 persen).  

"Pencapaian predikat Leadership AA dari BTN ini, mencerminkan kontribusi positif mereka terhadap pembangunan berkelanjutan. BGK Foundation mengakui bahwa Bank BTN bukan hanya sekadar mematuhi regulasi, tetapi juga menjadi agen perubahan yang proaktif dalam menerapkan standar tinggi dalam pengungkapan ESG," ungkapnya.

Apresiasi ini, kata Deni, diharapkan bisa memberikan dorongan kepada BTN untuk terus menjadi pionir dalam praktik bisnis berkelanjutan di industri perbankan. Asal tahu saja, BGK Foundation merupakan lembaga independen yang terdaftar sebagai anggota Global Reporting Initiative (GRI), dan supporting member dari Task Force on Climate-related Financial Disclosure (TCFD).

Dan, BGK Foundation berfokus menganalisis dan memberikan penilaian terhadap perusahaan yang mengungkapkan transparansi ESG melalui laporan keberlanjutan. Analisis laporan keberlanjutan ini, bertujuan untuk menentukan tingkat transparansi ESG dengan menggunakan faktor-faktor ESG yang dianggap relevan oleh BGK Foundation.

Capaian ini, kata Deni, diharapkan menjadi teladan bagi perusahaan lain yang ingin mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan ke dalam operasional perseroan.

"Apresiasi BGK Foundation bukan hanya sekadar pengakuan, melainkan juga pendorong semangat bagi BTN untuk terus berinovasi, meningkatkan praktik bisnis berkelanjutan, dan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat dan lingkungan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA