Dimensy.id
Apollo Solar Panel

OJK Akui Financial Center RI Tertinggal dari Singapura dan Thailand

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 12 Desember 2023, 16:49 WIB
OJK Akui Financial Center RI Tertinggal dari Singapura dan Thailand
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pusat keuangan (financial center) Indonesia disebut masih tertinggal jauh dari negara tetangga seperti Singapura dan Thailand.

Hal tersebut disampaikan Deputi Direktur Direktorat Penelitian Departemen Pengaturan dan Pengembangan Perbankan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Zulkifli Salim, yang mengutip data Global Financial Center Index (GFCI) 2023.

"Pusat keuangan (financial center) Indonesia saat ini di Jakarta berada pada peringkat yang sedikit di bawah. Mungkin masih menjadi pekerjaan rumah kita, di posisi 83," kata Zulkifli dalam Workshop Financial Center IKN di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Senin (11/12).

Dalam data tersebut, peringkat Indonesia tercatat berada di atas 80 besar. Sementara Singapura berada jauh di posisi tiga dan Thailand di posisi 71. Bahkan, peringkat Indonesia sempat jatuh ke posisi 95 pada periode September 2023.

Untuk itu, Zulkifli menekankan pentingnya rencana pembangunan financial center yang lebih baik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dengan mendorong perbankan pindah ke ibu kota baru tersebut.

Saat ini, pembangunan pusat keuangan IKN sendiri tengah dalam rencana Otorita IKN.

"Kalau untuk pembangunan fisiknya sendiri kalau kita lihat di master plan-nya Otorita IKN mulai dibangun 2025, untuk fisiknya. Karena sekarang ini pemerintah (masih) fokus di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP)," ujarnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA