Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pariwisata Mulai Pulih, 9,49 Juta Turis Asing Masuk RI Sepanjang Januari-Oktober 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 02 Desember 2023, 11:55 WIB
Pariwisata Mulai Pulih, 9,49 Juta Turis Asing Masuk RI Sepanjang Januari-Oktober 2023
Representative Image/Net
rmol news logo Wisatawan asing yang masuk ke Indonesia tercatat melonjak secara signifikan mencapai 9,49 juta kunjungan pada periode Januari hingga Oktober 2023.

Dalam data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada Jumat (1/12), Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik, Moh Edy Mahmud, mengatakan data tersebut menunjukkan kondisi pariwisata RI yang mulai pulih setelah Covid-19.

"Pariwisata kita sudah mulai pulih, diindikasikan dari data yang menunjukkan kunjungan wisatawan mancanegara hampir mendekati jumlah kunjungan sebelum mendekati pandemi," katanya dalam konferensi pers.

Mayoritas wisatawan mancanegara (wisman) di dalam negeri tercatat berasal dari Malaysia dengan 138 ribu kunjungan atau sebesar 14,2 persen, dan disusul dari Australia sebesar 13,1 persen atau sebanyak 129 ribu kunjungan.

Kemudian wisman asal Singapura sebesar 9,2 persen atau sebanyak 89,8 ribu kunjungan, dan dari China mengisi 7 persen atau sebanyak 73,5 ribu kunjungan. Terakhir, dari Timor Leste sebesar 6 persen atau sebanyak 58,9 ribu kunjungan.

Meski catatan wisatawan asing tahun ini telah menunjukkan peningkatannya, akan tetapi data di 2023 ini masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019 lalu, yang mencatat 13,4 juta kunjungan wisman. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA