Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Timor Leste Gelar Pertemuan Akbar Bahas Investasi Strategis dan Program Ekonomi Prioritas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/teguh-santosa-1'>TEGUH SANTOSA</a>
LAPORAN: TEGUH SANTOSA
  • Rabu, 22 November 2023, 17:31 WIB
Timor Leste Gelar Pertemuan Akbar Bahas Investasi Strategis dan Program Ekonomi Prioritas
Gedung Pertemuan Grupo Media Nacional (GMN) di Dili, lokasi penyelenggaraan TLIBF 2023./RMOL
rmol news logo Ratusan pemimpin kelompok usaha lokal dan internasional, perwakilan pemerintah dari sejumlah negara, dan para ahli akan menghadiri Timor-Leste International Business Forum (TLIBF) 2023 yang digelar dari tanggal 23 sampai 25 November di Gedung Pertemuan Grupo Media Nacional (GMN) di Dili.

TLIBF 2023 yang diselenggarakan kantor Wakil Perdana Menteri ini mengambil tema “Discovering Blue and Green Opportunities for Sustainable Investment”.

Jurubicara kantor Wakil Perdana Menteri, Raimundos Oki, dalam keterangannya kepada redaksi mengatakan, dalam kegiatan ini Pemerintah Timor Leste akan mendiskusikan berbagai program ekonomi prioritas dengan harapan mendorong kelompok usaha lokal meningkatkan kapasitas, sekaligus menarik investor asing, dan menjalin hubungan kemitraan antara kelompok bisnis Timor Leste dan luar negeri.

Raimundos Oki menyebutkan, pada hari pertama yang berlangsung esok (23/11),  TLIBF 2023 akan diawali sambutan Wakil Perdana Menteri yang juga Menteri Koordinator Ekonomi dan Menteri Pariwisata dan Lingkungan, Francisco Kalbuadi Lay.
 
Diikuti sambutan dari CEO Sofitel di Phnom Penh, Kamboja, Dr. Supachai Verapuchong mengenai “Indochina and Lagoon River Investment Opportunities in the Region”.

Selanjutnya Deputi Sekjen ASEAN Satvinder Singh akan memberikan pemaparan mengenai pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

“Adapun pembukaan resmi akan dilakukan Perdana Menteri Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao,” ujar Raimundos Oki.

Dia menambahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, yang sebelumnya ikut menjadi pembicara kunci berhalangan hadir.

Setelah dibuka Perdana Menteri, sambung Raimundos Oki, Menteri Perencanaan Pembangunan dan Investasi Strategis, Gastao de Sousa, akan memaparkan proyek investasi strategis Timor Leste.

Setelah itu, peserta akan beralih dari Gedung Pertemuan GMN ke Dili Convention Center  untuk mengikuti sesi-sesi berikutnya yang akan diisi oleh Gubernur Bank Sentral Timor Leste Helder Lopes, Direktur ADB di Timor Leste Stefania Dina, dan perwakilan Bank Dunia Bernard Harborne.

Pada sore hari, TLIBF 2023 akan diisi dengan diskusi panel dengan para pembicara CEO Timor Gap Rui Soares, Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Gastao de Sousa, Menteri Pekerjaan Umum Samuel Marcal, Gubernur Bank Sentral Timor Leste Helder Lopes, Perwakilan Bank Dunia Bernard Harborne, dan Direktur ADB Stefania Dina.

Diskusi panel ini akan dimoderatori Penasihat Senior Kementerian Koordinator Ekonomi Maria Martins da Silva.

Kegiatan di hari pertama, masih kata Raimundos Oki, akan ditutup dengan jamuan makan malam di Oka Multi Function Building dengan tuan rumah Presiden Timor Leste Dr. Jose Ramos Horta. rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA