Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Jawab Pertanyaan Bahlil Soal Target Investasi Rp 1.650 Triliun di 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 21 Oktober 2023, 15:58 WIB
Airlangga Jawab Pertanyaan Bahlil Soal Target Investasi Rp 1.650 Triliun di 2024
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Dalam merespons pertanyaan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengenai target investasi sebesar Rp 1.650 triliun pada 2024, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan penjelasan yang rinci.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Sabtu (21/10), Airlangga menjelaskan bahwa target ambisius tersebut telah ditetapkan setelah mempertimbangkan berbagai faktor, di antaranya data historis investasi, kebutuhan untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi yang telah ditetapkan, dampak pelaksanaan UU Cipta Kerja, kebutuhan investasi untuk mendukung kebijakan hilirisasi dan transisi energi, serta investasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional.

Seluruh pertimbangan itu diharapkan dapat didukung oleh semua pihak, yang harus bekerja sama secara sinergis dan memberikan kontribusi terbaik untuk menghadapi tantangan global yang kompleks.

"Pemerintah, investor, asosiasi dan pelaku usaha, perbankan, maupun media berperan sangat penting dalam membangun optimisme pembangunan ekonomi Indonesia. Seluruh pihak diharapkan dapat bersinergi dan memberi kontribusi yang terbaik dalam menghadapi berbagai tantangan global yang tidak mudah ini," tegas Airlangga.

Airlangga juga mengungkapkan bahwa untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi sekitar 5,3 persen (year on year) pada 2023, diperkirakan akan dibutuhkan investasi sebesar Rp 6.189 triliun.

Mayoritas investasi itu diharapkan akan berasal dari masyarakat sekitar 84,7 persen, dengan kontribusi dari pemerintah sebesar 9,7 persen, dan sisanya berasal dari Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN).

Sementara untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi sekitar 5,2 persen (yoy) pada 2024, diperlukan investasi dari berbagai sektor ekonomi yang mencapai sekitar Rp 6.900 triliun.

Airlangga menambahkan bahwa sumber dana investasi tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk investasi pemerintah, perbankan, pasar modal, belanja modal BUMN, penanaman modal, dan pendanaan internal perusahaan.

Maka, Airlangga menargetkan penanaman modal untuk 2024 sebesar Rp 1.650 triliun yang disampaikan dalam Ratas Pembahasan Kebijakan Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) Tahun 2024 pada Februari silam.

Penjelasan itu dipaparkan Airlangga setelah Bahlil mempertanyakan soal target investasi tersebut, di mana Bahlil membeberkan realisasi investasi per kuartal III 2023 yang menyentuh Rp 374,4 triliun. Sedangkan realisasi hingga September 2023 mencapai Rp 1.053,1 triliun, di mana target tahun ini berada di level Rp 1.400 triliun. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA