Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Li ke Jokowi: China Siap Perluas Kerja Sama Rantai Industri seperti Kendaraan Energi Baru, Baterai, dan Fotovoltaik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 18 Oktober 2023, 13:40 WIB
PM Li ke Jokowi: China Siap Perluas Kerja Sama Rantai Industri seperti Kendaraan Energi Baru, Baterai, dan Fotovoltaik
Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Beijing, Selasa 17 Oktober 2023/Net
rmol news logo China siap meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan dengan Indonesia. Hal itu disampaikan Perdana Menteri China Li Qiang saat melakukan pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Selasa (17/10) waktu Beijing, di sela-sela Forum Belt and Road ketiga.

Sebagai contoh ia menyebutkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang baru-baru ini diresmikan Jokowi.

"China ingin meningkatkan sinergi strategi pembangunan dengan Indonesia, mendorong kerja sama yang saling menguntungkan, melakukan segala upaya dalam tindak lanjut pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung," kata Li, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (18/10).

Li juga mengatakan bahwa China ingin mewujudkan proyek-proyek seperti Regional Comprehensive Economic Koridor dan “Dua Negara, Taman Kembar” yang merupakan landasan baru kerja sama Belt and Road.

China, katanya, mendorong lebih banyak perusahaan berkualitas tinggi di negaranya untuk berinvestasi di Indonesia dan bersedia mempercepat pengembangan mesin kolaborasi baru dengan Indonesia, seperti ekonomi digital dan pembangunan ramah lingkungan.

China juga siap memperluas kerja sama dalam rantai industri, seperti kendaraan energi baru, baterai, dan fotovoltaik, dan memperkuat kerja sama di berbagai bidang termasuk pertanian, kedokteran, dan pariwisata.   

"China siap memperdalam koordinasi multilateral dengan Indonesia, dan menjaga kepentingan bersama negara-negara emerging market dan negara-negara berkembang.

Sementara itu Jokowi mengatakan kerja sama bilateral antara kedua negara telah membuahkan hasil yang bermanfaat.

"Indonesia siap bekerja sama dengan China untuk mendorong kerja sama berkualitas tinggi di bawah Belt and Road Initiative, memperkuat kerja sama di bidang investasi, pertanian, infrastruktur, pembangunan ibu kota baru dan pembangunan ramah lingkungan," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan Indonesia siap memajukan pembangunan Kawasan Perdagangan Bebas China-ASEAN Versi 3.0 serta memberikan kontribusi positif dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan sekaligus meningkatkan kerja sama regional dan internasional. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA