Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Omset Perdagangan Ukraina Meningkat, China jadi Nomor Satu Pengimpor Utama Disusul Polandia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 14 Oktober 2023, 12:37 WIB
Omset Perdagangan Ukraina Meningkat, China jadi Nomor Satu Pengimpor Utama Disusul Polandia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Laporan terbaru yang dirilis Layanan Bea Cukai Negara Ukraina menunjukkan bahwa omset perdagangan negara itu mencapai 73,7 miliar dolar AS (1,1 kuadriliun rupiah) selama periode Januari-September 2023, meningkat dari periode yang sama tahun sebelumnya dengan 72,3 miliar dolar AS.

Menurut laporan tersebut, jumlah itu diperoleh dari impor barang senilai 46,6 miliar dolar AS dan ekspor senilai 27,1 miliar dolar AS.

Impor Ukraina terutama berasal dari China dengan nilai 7,4 miliar dolar AS. Diikuti Polandia 4,9 miliar dolar AS, dan Turkiye 3,7 miliar dolar AS.

Sementara ekspor negara tersebut sebagian besar ditujukan ke Polandia dengan nilai 3,7 miliar dolar AS, Rumania 3 miliar dolar AS, dan Turkiye 1,9 miliar dolar AS.

"Pada Januari-September 2023, 65 persen barang yang diimpor termasuk mesin, peralatan dan kendaraan bermotor senilai 14,1 miliar dolar AS, produk kimia 8,4 miliar dolar AS, serta produk bahan bakar dan energi 7,9 miliar dolar AS," menurut laporan bea cukai, seperti dimuat Ukrinform, Sabtu (14/10).

Sementara itu, barang ekspor Ukraina sebagian besar terdiri dari produk makanan senilai 16,1 miliar dolar AS, logam dan peralatan logam 3 miliar dolar AS, mesin, peralatan dan kendaraan bermotor 2,3 miliar dolar AS. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA