Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Ekonomi Ukraina: Tahun Ini Perkonomian Negara Tumbuh 4 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 13 Oktober 2023, 15:54 WIB
Menteri Ekonomi Ukraina: Tahun Ini Perkonomian Negara Tumbuh 4 Persen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Meskipun masih banyak kendala akibat perang dengan Rusia, ada kabar baik dari perekonomian Ukraina yang diperkirakan tumbuh setidaknya 4 persen tahun ini, dan setidaknya 5 persen tahun depan.

Menteri Ekonomi Ukraina, Yulia Svyrydenko, mengatakan hal ini dalam pidatonya di Forum Ekonomi Internasional Kyiv, Kamis (12/10) waktu setempat.

“Tahun ini pertumbuhan (ekonomi) kita minimal 4 persen, tahun depan kita prediksi minimal 5 persen. Sedangkan untuk industri utama, terdapat pertumbuhan pada industri permesinan dan konstruksi, serta pertumbuhan perdagangan di tengah permintaan yang stabil,” kata Svyrydenko, seperti dikutip dari Ukrinform, Jumat,(13/10).

Svyrydenko, yang juga menjabat Wakil Perdana Menteri Pertama mencatat bahwa insentif utama bagi pertumbuhan tersebut adalah bantuan makro anggaran yang menciptakan insentif untuk pembayaran gaji kepada pegawai negeri dan militer, serta tunjangan sosial.

“Tahun depan kita akan bertumbuh secara moderat, namun, tentu saja, tantangan besar bagi kita adalah hambatan logistik dan peluang ekspor. Jika kita berhasil melanjutkan koridor yang beroperasi secara permanen untuk produk pertanian, maka kita dapat memperkirakan perkiraan pertumbuhan ekonomi yang lebih optimis,” kata Svyrydenko.

Sementara itu, menurut World Economic Outlook (WEO) edisi terbaru IMF, PDB Ukraina diperkirakan akan tumbuh sebesar 2 persen pada akhir tahun 2023. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA