Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Punya Banyak Keunggulan, China Tetap Jadi Pusat Investasi Perusahaan Multinasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 13 Oktober 2023, 14:10 WIB
Punya Banyak Keunggulan, China Tetap Jadi Pusat Investasi Perusahaan Multinasional
Peserta mengunjungi pameran tematik "Multinasional dan Tiongkok", acara pelengkap KTT Multinasional Qingdao keempat, di Qingdao, Provinsi Shandong, Tiongkok timur, 10 Oktober 2023/Net
rmol news logo Dengan berbagai faktor penunjang yang dimiliki, China saat ini masih tetap menjadi pilihan utama perusahaan-perusahaan asing untuk terus berinvestasi.

Hal itu diungkapkan para peserta KTT Multinasional Qingdao keempat yang diadakan di kota pesisir Qingdao, Provinsi Shandong, China timur.

KTT tiga hari yang mengambil tema "Perusahaan Multinasional dan China" ditutup pada Kamis (12/10) ini telah menarik para manajer tingkat atas dari 416 perusahaan multinasional.

"China adalah salah satu pasar industri dan konsumen terbesar di dunia. Perusahaan dengan ukuran tertentu tidak dapat berekspansi lebih jauh jika meninggalkan pasar China," kata Sean Yan, kepala pemasaran Konecranes di China timur laut, sebuah perusahaan Finlandia yang mengkhususkan diri dalam pembuatan dan servis derek dan peralatan pengangkat.

Konecranes baru-baru ini memutuskan untuk menempatkan kantor pusatnya di Asia Timur Laut di Shanghai.

“Semua kemajuan yang kami buat lebih lanjut, seperti struktur organisasi, personel, produk, serta penelitian dan pengembangan, bertujuan untuk lebih memenuhi kebutuhan pasar China,” kata Yan.

Sejalan dengan pasar yang sangat besar, industri manufaktur China cukup lengkap, dan posisinya dalam rantai industri dan pasokan global terus meningkat, membawa titik pertumbuhan baru bagi perkembangan perusahaan multinasional.

"China lebih dari sekedar produsen dan konsumen besar; itu juga merupakan inovator utama. Industri pilarnya secara bertahap beralih dari padat karya ke padat teknologi, seperti mobil, material, dan komponen elektronik," menurut Tetsuro Homma, direktur perwakilan dan wakil presiden eksekutif Panasonic Holdings Corporation.

Setelah memasuki pasar China selama 45 tahun, Panasonic, perusahaan multinasional yang berbasis di Jepang, kini memiliki sekitar 50.000 karyawan di China, dan volume penjualan di pasar Negeri Tirai Bambu mencakup 27 persen pangsa total globalnya.

Perusahaan ini juga memiliki armada penelitian dan pengembangan yang terdiri dari hampir 10.000 peneliti di China, dan investasinya terus meningkat.

Ini adalah keempat kalinya perusahaan otomasi industri Jerman Festo menghadiri KTT Qingdao.

Li Feng, COO perusahaan otomasi industri Jerman, Festo, mencatat bahwa tekad China untuk memajukan keterbukaan pada tingkat yang lebih tinggi dan membagikan dividen pengembangan telah menegaskan kembali upaya lokalisasi Festo lebih lanjut di pasar China.

"Selama 30 tahun Festo berada di Tiongkok, lingkungan bisnis yang stabil dan aman telah meletakkan dasar bagi perkembangan kami. Dukungan kuat terhadap kebijakan yang relevan dan perlindungan kekayaan intelektual bagi perusahaan multinasional juga merupakan faktor penting dalam tata letak global perusahaan multinasional," kata Li.

Andy Liew, manajer umum nVent Enclosure APAC, perancang dan produsen selungkup listrik terkemuka, mengungkap alasan perusahaan internasional mau berinvestasi di China.

"Badan-badan investasi China bersifat pragmatis dan berorientasi pada layanan. Mereka mampu secara aktif merespons berbagai tantangan dan siap membantu perusahaan memecahkan masalah apa pun," kata Li.

"Hal ini menambah kesediaan banyak perusahaan multinasional untuk memasuki pasar China lebih dalam," ujarnya.

Laporan Investasi Dunia 2023, yang diterbitkan oleh Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan, menunjukkan bahwa dalam dua tahun terakhir, meskipun investasi langsung lintas batas global telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan, momentum pertumbuhan jelas masih belum mencukupi dan masih menghadapi banyak tantangan.

Presiden Hilir Saudi Aramco Mohammed Al Qahtani ikut berbicara pada upacara pembukaan KTT Multinasional Qingdao.

“Kami yakin rasa saling menghormati, kemitraan, dan kolaborasi antara kedua negara semakin kuat,” kata Al Qahtani.

Dia menambahkan bahwa perusahaannya menandatangani kontrak senilai hingga 8 miliar dolar AS dengan mitranya di China pada tahun ini untuk memperluas kehadirannya di negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia.

“Saya yakin kita baru berada di babak awal dari kisah yang jauh lebih besar. Karena meskipun masa kini cukup menjanjikan, masa depan bahkan lebih cerah lagi,” kata Qahtani. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA