Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Tengah Konflik Geopolitik Arus Investasi ke Indonesia Tetap Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 12 Oktober 2023, 09:16 WIB
Di Tengah Konflik Geopolitik Arus Investasi ke Indonesia Tetap Aman
Ilustrasi/Net
rmol news logo Konflik geopolitik yang saat ini tengah memanas secara global tidak akan mengganggu arus investasi ke Tanah Air. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bahkan mengatakan, pemerintah tetap optimistis Indonesia bisa meraup investasi sesuai target tahun ini sebesar Rp 1.400 triliun.

Baik perang Rusia-Ukraina yang terus berlangsung, hingga perang Israel-Hamas (Palestina) yang baru-baru ini meletus, tidak berpengaruh kepada kawasan Asia Tenggara.

Wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia stabil dari sisi arus investasi, menurut Airlangga. Epicentrum pertumbuhan dunia sudah bergeser ke kawasan Asia. Ia yakin tidak akan mempengaruhi investasi di Tanah Air.

“Indonesia sendiri kan menjadi salah satu regional di Asean yang dalam 20 tahun terakhir stabil meski terjadi perang Rusia-Ukraina dan sebagainya,” katanya dalam pertemuan HSBC Summit 2023, di Jakarta, Rabu (11/10)

Berdasarkan survei salah satu lembaga, di antara negara Asean, Indonesia adalah negara dengan profit relatif lebih dari negara lain.

ASEAN termasuk kawasan yang stabil dan Indonesia turut berkontribusi dalam kestabilan politik dan pertumbuhan ekonomi ASEAN. Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara di ASEAN dimana profitabilitas investor terlindungi sehingga investasi di Indonesia aman dan menguntungkan.

“Jadi ini menjamin investasi di Indonesia aman dan memberikan return rata-rata terbaik dibandingkan negara Asean lainnya,” pungkasnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA