Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bapanas Pastikan Stok Beras Papua Barat Aman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 07 Oktober 2023, 13:47 WIB
Bapanas Pastikan Stok Beras Papua Barat Aman
Kunjungan Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas, Nyoto Suwignyo dan Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, ke Papua Barat Daya/Ist
rmol news logo Persediaan beras di wilayah Papua Barat Daya dipastikan aman. Hal itu terungkap saat Badan Pangan Nasional bersama Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Gudang Perum Bulog Klaligi, Sorong pada Jumat (6/10).

Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Bapanas, Nyoto Suwignyo, memaparkan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) cukup dan siap disalurkan dalam berbagai program pemerintah.

“Dapat kami sampaikan stok CBP yang ada di Bulog Papua Barat Daya tercatat ada di 1.300 ton. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, akan masuk kembali sebanyak 7.900 ton," kata Nyoto, seperti dimuat situs Bapanas.

"Dari total itu telah ada sekitar 1.500 ton yang sedang dalam proses bongkar muat di pelabuhan. Dengan stok sejumlah ini, masih cukup untuk kelancaran program-program pemerintah disini,” ujarnya.

Deputi II Bapanas mengungkapkan bahwa penyaluran CBP di Papua Barat Daya dipergunakan untuk pelaksanaan berbagai program pemerintah, di antaranya bantuan pangan beras tahap kedua dan operasi pasar.

Di samping itu, Bulog juga menyalurkannya sebagai beras untuk golongan anggaran yang diperuntukkan untuk TNI, Polri, dan PNS yang rutin dilaksanakan setiap bulan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, meminta agar setiap kementerian dan lembaga dapat memberikan data stok pangan yang konkret dan relevan.

"Ini penting agar informasi mengenai ketersediaan beras yang ada di daerah dapat secara pasti menggambarkan kondisi stok," katanya.

Selain meninjau Gudang Bulog, tim juga melakukan kunjungan ke tempat pelelangan ikan di Jembatan Puri Kota Sorong. Di lokasi tersebut, mereka mendengarkan aspirasi dan keluhan dari para nelayan terkait peningkatan sarana prasarana perikanan.

Selanjutnya tim juga melihat langsung budidaya cabai merah di Jamaimo.

Bersama perwakilan kelompok tani dan koordinator penyuluh pertanian wilayah setempat, pihak legislatif memerhatikan keluhan untuk ditindaklanjuti oleh kementerian teknis terkait. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA