Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jumlah Rekening Orang Kaya dengan Tabungan di Atas Rp 5 Miliar Turun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 29 September 2023, 21:20 WIB
Jumlah Rekening Orang Kaya dengan Tabungan di Atas Rp 5 Miliar Turun
Ilustrasi/Net
rmol news logo Total rekening orang kaya yang menyimpan uang di atas Rp 5 miliar dilaporkan mengalami penurunan di banding bulan-bulan sebelumnya.

Hal itu diungkap oleh Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa dalam sebuah pernyataan pada Jumat (29/9).

Yudhi mengatakan, tabungan berisi Rp 5 miliar atau rekening gemuk berada di kisaran 6,78 persen pada bulan Agustus. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan bulan Juli yang mencapai 7,69 persen.

"Bahkan bulan-bulan sebelumnya tren tabungan di atas Rp 5 miliar cenderung menurun," ujarnya.

Menurut Yudhi, penurunan ini bisa terjadi karena banyak pengusaha yang menggunakan dana pribadinya untuk mengembangkan usaha.

"Kita asumsikan sebagian besar adalah perusahaan datanya mereka juga sedang bisnisnya atau pakai uang sendiri untuk ekspansi bisnis sehingga tabungannya pertumbuhannya cenderung melambat," jelasnya.

Hingga kini, total jumlah rekening nasabah Bank Umum yang dijamin seluruh simpanannya oleh LPS pada bulan Agustus 2023 sebanyak 99,94 persen dari total rekening atau setara 530,72 juta rekening.

Sedangkan pada BPR/BPRS, jumlah rekening yang dijamin seluruh simpanannya (simpanan hingga Rp2 miliar) sebesar 99,98 persen dari total rekening atau setara dengan 15,56 juta rekening. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA