Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kerja Sama Ekonomi Belarus-Iran Memiliki Potensi yang Sangat Besar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 15 September 2023, 15:09 WIB
Kerja Sama Ekonomi Belarus-Iran Memiliki Potensi yang Sangat Besar
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Islam Iran untuk Republik Belarus Alireza Sanei dalam pertemuan dengan Ketua Dewan Belarus, Natalya Kochanova, di Minsk/Net
rmol news logo Kerja sama ekonomi antara Belarus dan Iran memiliki potensi yang sangat besar.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Islam Iran untuk Republik Belarus Alireza Sanei memuji hubungan kedua negara baik dalam ekonomi maupun politik.

Berbicara kepada media usai pertemuan dengan Ketua Dewan Belarus, Natalya Kochanova, Sanei mengatakan hubungan baik itu dilatari dengan saling percaya, serta memiliki historis yang baik.

"Hubungan antara Iran dan Belarusia, baik secara ekonomi maupun politik, berada pada tingkat yang sangat baik," katanya, seperti dikutip dari BelTa.

Ia merujuk pada kunjungan Presiden Aleksander Lukashenko ke Iran pada Maret  tahun ini yang merupakan titik balik dalam hubungan kedua negara.

"Menyusul kesepakatan antara presiden kami, kami akan berupaya meningkatkan tingkat hubungan ekonomi kita. Kami yakin dan mengetahui bahwa kita mempunyai potensi besar di bidang perekonomian dan dapat mengembangkan kerja sama di berbagai bidang,” kata Sanei.

Perekonomian Iran-Belarusia saling melengkapi. Sanei memaparkan bahwa kedua negara saat ini memiliki kerja sama yang sangat baik dalam bidang farmasi, penyediaan obat-obatan, minyak dan petrokimia, serta pupuk kalium.

Begitu juga di pertanian, dalam penyediaan mesin dan peralatan. Semua berjalan lancar dan menguntungkan.

Bulan depan, Iran dan Belarusia akan mengadakan pertemuan ekonomi di Teheran. Pertemuan itu sekaligus untuk menandai peringatan 30 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antar negara. Sanei mengatakan harapannya bahwa kedua negara akan menyaksikan peningkatan perdagangan timbal balik yang lebih besar lagi.

"Untuk mencapai tujuan tersebut, kami merencanakan kunjungan Wakil Presiden Iran ke Republik Belarus. Kami juga sedang mempersiapkan konsultasi tingkat menteri mengenai masalah politik. Wakil Menteri Luar Negeri Iran akan tiba untuk hal ini. Tahun depan kami merencanakan kunjungan Presiden Iran ke Republik Belarus,” ujarnya.

Tahun ini juga menandai keanggotaan Iran di Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO), yang akan menjadi peluang untuk memperluas kerja sama. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA