Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perekonomian Kanada Menyusut Secara Tak Terduga di Kuartal Dua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 02 September 2023, 07:28 WIB
Perekonomian Kanada Menyusut Secara Tak Terduga di Kuartal Dua
Badan Statistik Kanada (Statscan)/Net
rmol news logo Perekonomian Kanada secara tak terduga mengalami kontraksi pada kuartal kedua, meningkatkan kekhawatiran akan kemungkinan resesi.

Data yang dirilis pada Jumat (1/9) menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan PDB tahunan untuk kuartal kedua cukup mengecewakan, yaitu sebesar 0,2 persen, jauh di bawah perkiraan Bank of Canada sebesar 1,5 persen dan ekspektasi analis sebesar 1,2 persen.

Kontraksi ini menunjukkan bahwa perekonomian Kanada mungkin sedang mengalami resesi tingkat sedang.

Badan Statistik Kanada (Statscan) mengatakan, perlambatan triwulanan ini sebagian besar disebabkan oleh penurunan investasi perumahan dan akumulasi persediaan yang lebih kecil serta lebih lambatnya ekspor internasional dan belanja rumah tangga, seperti dikutip dari Reuter.  

Penurunan 0,2 dari bulan ke bulan di bulan Juni sejalan dengan perkiraan, dengan perdagangan grosir menjadi hambatan terbesar, kata Statscan. Badan tersebut juga mencatat bahwa kebakaran hutan di Kanada berdampak buruk pada banyak industri, termasuk pertambangan dan penggalian serta transportasi kereta api.

Laporan PDB pada hari Jumat adalah data utama domestik terakhir sebelum Dewan Komisaris membuat keputusan kebijakan berikutnya pada minggu depan.

“Ini mungkin sangat melegakan bagi Bank of Canada karena hal ini membuat keputusan pada bulan September menjadi sedikit lebih mudah,” kata Andrew Kelvin, kepala strategi Kanada di TD Securities.

“Sangat mudah bagi bank untuk mengatakan; kebijakan moneter adalah hal yang baik, terus bekerja dan hal ini membenarkan sikap menunda pertemuan bulan ini," singgungnya.

Pasar uang secara tajam memangkas perkiraan kenaikan suku bunga pada minggu depan, memperkirakan peluang sebesar 9 persen setelah rilis data dibandingkan dengan peluang 23 persen sebelumnya.

Dolar Kanada melemah terhadap dolar AS dan mata uang utama lainnya menyusul rilis data tersebut. Ke depan, kinerja perekonomian pada kuartal ketiga masih belum menentu, menambah kekhawatiran terhadap kesehatan perekonomian Kanada secara keseluruhan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA