Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PT AP II Perkirakan Kenaikan Penumpang 4,7 Persen Menjadi 8,65 Juta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 16 Juni 2017, 11:55 WIB
rmol news logo PT Angkasa Pura II (Persero) memperkirakan jumlah penumpang di 13 bandara yang dikelola AP II mencapai 8,65 juta atau naik sekitar 4,7% dibandingkan Lebaran tahun tahun lalu.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, Terminal 3 telah dioperasikan yang berarti adanya penambahan kapasitas dan fasilitas yang lebih baik.

Sementara itu Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatra Utara, merupakan bandara di bawah AP II yang tersibuk kedua selama masa angkutan lebaran di mana bandara ini siap menyambut pemudik dan melepas mereka saat arus balik nanti.

Sejumlah bandara AP II juga berada di kota atau daerah yang memiliki ciri khas khususnya terkait mudik seperti misalnya Bandara Internasional Minangkabau di Padang di mana masyarakatnya memiliki tradisi Pulang Basamo. Selain itu, Bandara Sultan Syarim Kasim II yang terletak di Pekanbaru, di mana masyarakatnya juga memiliki tradisi dalam menyambut lebaran.

Dengan semua persiapan yang telah disiapkan, AP II optimistis penyelenggaraan angkutan lebaran pada tahun ini akan lebih baik dibandingkan sebelumnya. [Baca: Dimulai Sejak Kemarin, Inilah Langkah PT AP II Sukseskan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran]

"AP II ingin memberi rasa aman dan nyaman kepada pemudik baik itu di bandara asal keberangkatan maupun bandara tujuan, untuk kemudian mengantar mereka bertemu dengan keluarga dalam rasa penuh kebahagiaan," jelas President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam keterangan persnya (Jumat, 16/6).

Oleh karena itu pihaknya telah memastikan kehandalan sistem keamanan, sistem kelistrikan, dan alat bantu visual, di samping tentunya juga melakukan optimalisasi penggunaan slot penerbangan supaya kapasitas kursi penerbangan mampu memenuhi kebutuhan pada saat arus mudik maupun arus balik.

"Penggunaan media sosial juga akan dioptimalkan guna memberikan informasi secara cepat kepada pemudik," tandas Muhammad Awaluddin.

Saat ini Angkasa Pura II mengelola 13 bandara yakni Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang) dan Silangit (Tapanuli Utara). [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA