Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dimulai Sejak Kemarin, Inilah Langkah PT AP II Sukseskan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Jumat, 16 Juni 2017, 07:35 WIB
Dimulai Sejak Kemarin, Inilah Langkah PT AP II Sukseskan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran
rmol news logo PT Angkasa Pura II (Persero) siap mensukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran. Salah satu bentuk kesiapan tersebut pembukaan Posko Layanan Mudik mulai kemarin atau tepat hari pertama periode angkutan lebaran yakni H-10, hingga H+15 di seluruh bandara AP II.

Posko dengan personil berasal dari AP II dan stakeholder bandara lainnya seperti TNI & Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Otoritas Bandara, maskapai, dan sebagainya itu beroperasi selama 24 jam guna memastikan kelancaran operasional bandara. Adapun dengan adanya posko ini maka koordinasi diantara stakeholder dapat dilakukan lebih intens sehingga apabila ada permasalahan terkait operasional bandara atau penerbangan maka dapat diselesaikan secara cepat.

"Di samping posko ini, di setiap terminal juga tersedia customer service maskapai maupun AP II yang siap membantu dan memberikan asistensi langsung kepada pemudik. Kami juga berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan, Otoritas Bandara, Airnav Indonesia, dan seluruh maskapai yang siap mendukung kesuksesan penyelenggaraan angkutan lebaran di seluruh bandara AP II," jelas President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dalam keterangan persnya pagi ini.

Pada periode angkutan Lebaran, AP II juga melakukan penambahan personil keamanan, petugas maintenance fasilitas, serta petugas layanan pendukung di terminal seperti customer service mobile, airport helper, dan lainnya.

Khusus jumlah personil keamanan di selama periode angkutan lebaran ini mencapai 4.974 personil terdiri dari unsur TNI & Polri, aviation security, dan keamanan di area publik. Jumlah ini meningkat dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebanyak 4.490 personil. Sementara itu, jumlah CCTV guna memantau setiap bagian bandara juga ditingkatkan 2.487 unit dari sebelumnya 1.954 unit.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta para petugas operasional juga dilengkapi karyawan dengan aplikasi iPerform sehingga mempermudah pengoperasian bandara secara digital untuk memastikan pelayanan prima.

"Kami menyarankan agar pemudik juga dapat mengunduh aplikasi Indonesia Airports di smartphone guna mengetahui berbagai fasilitas bandara termasuk yang terkait dengan transportasi publik. Di aplikasi ini juga terdapat fitur khusus Ramadhan yang diantaranya dapat digunakan untuk melihat jadwal puasa dan mencari musholla terdekat di bandara," jelas Muhammad Awaluddin.

Dia menambahkan pada periode angkutan Lebaran ini pihaknya berkomitmen untuk menjaga agar standar pelayanan dapat tetap tinggi meskipun jumlah penumpang pesawat akan jauh lebih banyak dibandingkan hari biasa.

"Adanya posko ini merupakan satu upaya agar pemudik dapat selalu merasa aman dan nyaman ketika mereka berada di bandara," tandasnya.

AP II optimistis penyelenggaraan angkutan lebaran pada tahun ini akan lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Saat ini Angkasa Pura II mengelola 13 bandara yakni Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang) dan Silangit (Tapanuli Utara). [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA