Berita

Ilustrasi: BigBox AI.(Foto: Telkom)

Tekno

AI BigBox Telkom Bantu Fintech Verifikasi Identitas Pelanggan via e-KYC

SABTU, 15 NOVEMBER 2025 | 03:26 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Penerapan Electronic Know Your Customer (e-KYC) menjadi semakin vital dalam layanan jasa keuangan, terutama layanan pembayaran online.
 
Regulasi mewajibkan verifikasi identitas guna menjamin keamanan transaksi seperti pengelolaan uang elektronik, dompet digital, maupun transfer dana yang disediakan oleh perusahaan Financial Technology (Fintech). 

Proses e-KYC juga berperan penting untuk memastikan sistem hanya diakses oleh pihak yang sah, sehingga dapat mengurangi risiko penipuan atau penyalahgunaan.
 

 
Kini, proses e-KYC tersebut dapat didukung oleh solusi Al BigBox dari Telkom Solution, bagian dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). BigBox hadir untuk membantu fintech melakukan verifikasi identitas pelanggan dengan teknologi e-KYC berbasis Al yang diklaim menyeluruh, cepat, dan akurat.

AI BigBox menyediakan tiga kapabilitas utama dalam meningkatkan proses e-KYC. Pertama, Optical Character Recognition atau OCR yang mampu mengekstrak data KTP menjadi format digital secara otomatis. Kedua, Face Liveness Detection yang dapat memverifikasi keaslian wajah pengguna. Ketiga, Face Similarity untuk mencocokkan wajah pengguna dengan foto pada KTP sehingga memastikan kesesuaian identitas.

Salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan layanan ini adalah PT Bimasakti Multi Sinergi (Bimasakti), sebuah fintech yang berfokus pada layanan pembayaran elektronik (e-payment). Bimasakti membutuhkan proses e-KYC yang cepat dan andal sebagai kunci untuk menjaga kepercayaan dan keamanan pengguna sekaligus mendukung layanan yang lebih optimal.
 
Layanan Al BigBox terbukti mampu mengotomatisasi proses verifikasi identitas, meningkatkan kecepatan dan akurasi e-KYC di Bimasakti. 

E-Payment Solution Manager Bimasakti, Rizal Mashuri mengungkapkan, "Sejak memanfaatkan Al BigBox, proses e-KYC kami menjadi lebih cepat dan akurat, memungkinkan onboarding pelanggan dalam hitungan menit sekaligus berdampak positif terhadap efisiensi administrasi dan operasional perusahaan secara signifikan".
 
Lebih lanjut, EGM Digital Product Telkom Indonesia, Komang Budi Aryasa, menyampaikan bahwa Al BigBox dihadirkan untuk membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan daya saing melalui inovasi digital yang berkelanjutan, sekaligus memperkuat kepercayaan dan keamanan layanan finansial.

Populer

Masih Sibuk di Jogja, Pimpinan KPK Belum Tahu OTT di Lampung Tengah

Selasa, 09 Desember 2025 | 14:21

Pura Jadi Latar Film Porno, Hey Bali: Respons Aparat Dingin

Selasa, 09 Desember 2025 | 21:58

Kebun Sawit Milik POSCO Lebih dari Dua Kali Luas Singapura

Senin, 08 Desember 2025 | 19:12

Mahfud MD soal Bencana Sumatera: Menyuruh Pejabat Mundur Tidak Relevan

Rabu, 10 Desember 2025 | 05:53

Cegah Penimbunan BBM

Jumat, 05 Desember 2025 | 02:00

Polri Kerahkan Kapal Wisanggeni 8005 ke Aceh

Jumat, 05 Desember 2025 | 03:03

Pesawat Perintis Bawa BBM

Jumat, 05 Desember 2025 | 05:02

UPDATE

Eddy Soeparno Bicara Komitmen Prabowo Percepat Dekarbonisasi

Senin, 15 Desember 2025 | 16:13

Praperadilan Kakak Kandung Hary Tanoesoedibjo Dua Kali Ditolak Hakim

Senin, 15 Desember 2025 | 15:55

Miliarder Siapkan Hadiah Besar Atas Aksi Heroik Warga Muslim di Bondi Beach

Senin, 15 Desember 2025 | 15:48

DPR Tegaskan Perpol 10/2025 Tidak Bertentangan dengan Konstitusi

Senin, 15 Desember 2025 | 15:41

Ketaatan pada Rais Aam Fondasi Kesinambungan Khittah NU

Senin, 15 Desember 2025 | 15:39

Gubernur Sulut Dukung Penguatan Kapasitas SDM Bawaslu

Senin, 15 Desember 2025 | 15:29

Keselamatan Masyarakat Harus Jadi Prioritas Utama Selama Nataru

Senin, 15 Desember 2025 | 15:19

Pramono Terima Hasil Kongres Istimewa MKB Demi Majukan Betawi

Senin, 15 Desember 2025 | 15:12

KPK Geledah Rumah Dinas Plt Gubernur Riau SF Hariyanto

Senin, 15 Desember 2025 | 14:54

Command Center Diresmikan Percepat Digitalisasi dan Pengawasan Kopdes Merah Putih

Senin, 15 Desember 2025 | 14:43

Selengkapnya