Berita

Ilustrasi/Ist

Publika

Membangun Generasi Cerdas Digital

Oleh: Lanny Ilyas Wijayanti*
MINGGU, 22 JUNI 2025 | 09:36 WIB

REVOLUSI teknologi telah mengubah wajah dunia dengan kecepatan luar biasa. Kita hidup di era di mana kecerdasan buatan (AI) dan kemampuan pemrograman (coding) bukan lagi sekadar keterampilan tambahan, melainkan prasyarat untuk berdaya saing di tingkat global.

Menyadari hal itu, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) meluncurkan program prioritas 2025 yang mengintegrasikan pengenalan coding, AI, serta penerapan Tes Kemampuan Akademik (TKA) sebagai pilar transformasi pendidikan nasional.

Upaya ini bukan sekadar respons terhadap tren global, melainkan langkah strategis untuk mempersempit kesenjangan literasi digital di Tanah Air. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Finlandia, dan Singapura sudah memasukkan coding sejak jenjang dasar.


Indonesia, dengan potensi demografi yang luar biasa, perlu mengejar ketertinggalan agar anak-anak kita tidak hanya menjadi pengguna, tetapi juga pencipta teknologi.

Pengenalan coding dan AI sejak pendidikan dasar bertujuan membangun kecakapan abad ke-21: berpikir kritis, kreativitas, pemecahan masalah, serta kolaborasi. Tidak hanya mengajarkan teknis pemrograman, proses ini juga membentuk cara berpikir sistematis dan adaptif. AI, yang sebelumnya terdengar abstrak, dapat diperkenalkan melalui media yang kontekstual dan menyenangkan, seperti permainan edukatif atau simulasi interaktif. Ini selaras dengan prinsip project-based learning yang mendorong keaktifan siswa dan pembelajaran bermakna.

Untuk mewujudkan program ini, peran guru sangat krusial. Guru tidak harus menjadi pakar teknologi, tetapi difasilitasi melalui pelatihan berkelanjutan, akses ke modul yang aplikatif, dan dukungan komunitas belajar. Pemerintah juga perlu memastikan pemerataan infrastruktur digital agar anak-anak dari pelosok desa hingga kota metropolitan mendapat kesempatan belajar yang setara.

Komplementer terhadap pengenalan teknologi adalah penerapan TKA sebagai sistem evaluasi pembelajaran yang lebih humanis dan relevan. TKA menggeser paradigma penilaian yang selama ini terfokus pada hafalan, menuju asesmen yang mengukur pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata.

Dengan TKA, capaian belajar siswa tidak lagi dinilai sebatas angka di rapor, melainkan melalui instrumen yang lebih objektif, terstandar, dan adil di seluruh Indonesia.

Selain menjadi alat evaluasi, TKA juga memberikan umpan balik penting bagi guru dan sekolah untuk merancang intervensi pembelajaran yang lebih tepat sasaran. Hasil TKA dapat digunakan untuk mengidentifikasi kesenjangan capaian belajar antarwilayah dan kelompok sosial, sekaligus membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang berbasis data.

Namun, keberhasilan TKA sangat bergantung pada komunikasi publik yang jernih. Penting ditegaskan bahwa TKA bukan reinkarnasi Ujian Nasional yang bersifat menentukan kelulusan, melainkan instrumen penguatan mutu. Perlu disosialisasikan bahwa TKA bersifat opsional dan melengkapi penilaian guru, tidak menggantikannya.

Tantangan tentu ada, mulai dari kesiapan infrastruktur hingga potensi kesenjangan antarsekolah. Oleh karena itu, pendekatan kolaboratif antara pemerintah pusat, daerah, guru, komunitas pendidikan, dan masyarakat menjadi kunci.

Terlebih, kolaborasi dalam pengembangan soal TKA di jenjang SD dan SMP yang melibatkan pemerintah daerah merupakan langkah penting dalam membangun rasa kepemilikan bersama terhadap kebijakan ini.

Dengan semangat gotong royong dan visi jangka panjang, pengenalan coding, AI, serta TKA diharapkan tidak hanya mengubah wajah kurikulum, tetapi juga mendorong transformasi budaya belajar di sekolah. Siswa tidak lagi belajar sekadar untuk lulus ujian, melainkan untuk menjadi pembelajar sejati, pencipta solusi, dan pemimpin masa depan yang siap menghadapi tantangan dunia digital yang dinamis.

Transformasi pendidikan melalui pengenalan coding, AI, dan penerapan TKA merupakan langkah strategis yang akan memperkuat daya saing bangsa di era digital. Dengan kolaborasi lintas sektor dan komitmen yang kuat, Indonesia dapat melahirkan generasi yang cerdas, kreatif, dan adaptif, yang mampu menjawab tantangan zaman dan membangun masa depan yang lebih baik.
 

*Penulis adalah Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia

Populer

Bobby dan Raja Juli Paling Bertanggung Jawab terhadap Bencana di Sumut

Senin, 01 Desember 2025 | 02:29

NU dan Muhammadiyah Dikutuk Tambang

Minggu, 30 November 2025 | 02:12

Padang Diterjang Banjir Bandang

Jumat, 28 November 2025 | 00:32

Sergap Kapal Nikel

Kamis, 27 November 2025 | 05:59

Peluncuran Tiga Pusat Studi Baru

Jumat, 28 November 2025 | 02:08

Bersihkan Sisa Bencana

Jumat, 28 November 2025 | 04:14

Evakuasi Banjir Tapsel

Kamis, 27 November 2025 | 03:45

UPDATE

Tragedi Nasional dari Sumatra dan Suara yang Terlambat Kita Dengarkan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:44

Produktivitas Masih di Bawah ASEAN, Pemerintah Susun Langkah Percepatan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:41

Lewat Pantun Cak Imin Serukan Perbaiki Alam Bukan Cari Keributan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:38

Bank Mandiri Sabet 5 Penghargaan BI

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:27

Liga Muslim Dunia Siap Lobi MBS untuk Permudah Pembangunan Kampung Haji Indonesia

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:18

Banjir Rob di Pesisir Jakarta Berangsur Surut

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:13

RI–Timor Leste Sepakat Majukan Koperasi

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:08

Revisi UU Cipta Kerja Mendesak di Tengah Kerusakan Hutan Sumatera

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:57

Bahlil Telusuri Dugaan Keterkaitan Tambang Martabe dengan Banjir Sumut

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:48

BI: Cadangan Devisa RI Rp2.499 Triliun per Akhir November 2025

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:39

Selengkapnya