Berita

Ketua Bidang Advokasi, Hukum dan Kebijakan Publik DPP Perempuan Bangsa, Eva Monalisa/Ist

Politik

Perluas Akses Keadilan Masyarakat, Perempuan Bangsa Luncurkan Mobil Advokasi

SABTU, 14 JUNI 2025 | 17:17 WIB | LAPORAN: FAISAL ARISTAMA

Dalam upaya mempercepat akses masyarakat terhadap layanan hukum, advokasi, dan kebijakan publik, DPP Perempuan Bangsa secara resmi meluncurkan Mobil Advokasi, Hukum dan Kebijakan Publik yang mengusung teknologi media dan kecerdasan buatan (AI).

Ketua Bidang Advokasi, Hukum dan Kebijakan Publik DPP Perempuan Bangsa, Eva Monalisa, menjelaskan bahwa mobil ini merupakan inovasi digital yang memudahkan masyarakat untuk mengajukan pengaduan hanya dengan memindai barcode atau mengirimkan pesan melalui WhatsApp.

"Jadi mobil ini dirancang sebagai pusat layanan keliling yang menjangkau langsung masyarakat di berbagai wilayah, khususnya daerah dengan akses terbatas terhadap bantuan hukum dan kebijakan publik," kata Eva dalam keterangan resminya, Sabtu 14 Juni 2025. 


Politikus PKB ini menyebut bahwa keadilan itu harus bisa diakses dan dirasain oleh siapapun tanpa terkecuali.

“Dengan integrasi teknologi AI dan media digital, kami berharap pengaduan masyarakat dapat tertangani lebih cepat, tepat, dan transparan,” kata Eva.

Eva menambahkan, peluncuran ini menjadi langkah penting dalam digitalisasi pelayanan hukum yang lebih humanis dan adaptif, sekaligus menjangkau lapisan masyarakat hingga ke akar rumput.

Anggota DPR Fraksi PKB ini juga menyampaikan bahwa Mobil Advokasi tersebut telah mulai beroperasi sejak minggu lalu, dengan rute awal meliputi empat desa di Kabupaten Blora, yakni Kedungmaling, Beran, Sumurboto, dan Kapuan.

Mobil Advokasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan, di antaranya:

- Scan Barcode untuk Pengaduan Cepat, memungkinkan masyarakat langsung mengisi formulir pengaduan digital hanya dengan memindai barcode.
- Layanan WhatsApp 24 jam, dengan sistem panduan otomatis berbasis AI untuk mempermudah penyampaian aduan kapan saja.
- Pemetaan Isu Secara Digital, di mana setiap aduan yang masuk dianalisis dan diklasifikasikan secara cerdas untuk membantu tim hukum dan advokasi dalam merumuskan kebijakan.
- Mobile Office Terintegrasi, menyediakan perangkat untuk konsultasi hukum di tempat, edukasi publik, dan sosialisasi kebijakan terkini.

Populer

Bobby dan Raja Juli Paling Bertanggung Jawab terhadap Bencana di Sumut

Senin, 01 Desember 2025 | 02:29

NU dan Muhammadiyah Dikutuk Tambang

Minggu, 30 November 2025 | 02:12

Padang Diterjang Banjir Bandang

Jumat, 28 November 2025 | 00:32

Sergap Kapal Nikel

Kamis, 27 November 2025 | 05:59

Peluncuran Tiga Pusat Studi Baru

Jumat, 28 November 2025 | 02:08

Bersihkan Sisa Bencana

Jumat, 28 November 2025 | 04:14

Evakuasi Banjir Tapsel

Kamis, 27 November 2025 | 03:45

UPDATE

Tragedi Nasional dari Sumatra dan Suara yang Terlambat Kita Dengarkan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:44

Produktivitas Masih di Bawah ASEAN, Pemerintah Susun Langkah Percepatan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:41

Lewat Pantun Cak Imin Serukan Perbaiki Alam Bukan Cari Keributan

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:38

Bank Mandiri Sabet 5 Penghargaan BI

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:27

Liga Muslim Dunia Siap Lobi MBS untuk Permudah Pembangunan Kampung Haji Indonesia

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:18

Banjir Rob di Pesisir Jakarta Berangsur Surut

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:13

RI–Timor Leste Sepakat Majukan Koperasi

Jumat, 05 Desember 2025 | 15:08

Revisi UU Cipta Kerja Mendesak di Tengah Kerusakan Hutan Sumatera

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:57

Bahlil Telusuri Dugaan Keterkaitan Tambang Martabe dengan Banjir Sumut

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:48

BI: Cadangan Devisa RI Rp2.499 Triliun per Akhir November 2025

Jumat, 05 Desember 2025 | 14:39

Selengkapnya