Anggota Komisi I DPR RI, Ahmad Rizki Sadig/Repro
Ada banyak peluang yang bisa dimaksimalkan dalam menyambut perkembangan era digital. Utamanya, peluang mengembangkan usaha atau bisnis.
Dikatakan anggota Komisi I DPR RI, Ahmad Rizki Sadig, seluruh masyarakat Indonesia perlu memahami perkembangan dunia digital dan peraturan-peraturan yang ada.
Jika dua hal itu dilakukan, kata dia, semua orang dapat aman dalam melakukan transaksi menjual ataupun membeli berbagai macam produk melalui platform digital atau beken disebut
e-commerce.
“Jadi kunci pentingnya, kita semua perlu menggali pemahaman kita dan peraturan-peraturan terhadap perkembangan dunia digital," kata Rizki Sadig dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator bertema “Nyaman dan Mudah Jual Beli
Onlineâ€, Selasa (28/6).
"Sehingga saat kita menggunakan digital dapat dengan bijak dan hati-hati, baik dalam menggunakan media sosial ataupun berjualan
online,†imbuh legislator PAN ini.
Sementara itu, pegiat media sosial Dimas Prakoso Akbar mengatakan, jumlah konsumen
e-commerce Indonesia melesat tinggi. Hal ini, yang harus dilihat sebagai peluang usaha.
Berdasarkan data yang dia punya, Dimas menyebutkan jumlah konsumen belanja
online di Indonesia yang menggunakan e-commerce mencapai 32 juta orang pada 2021. Jumlah ini melesat 88 persen dibandingkan 2020 yang hanya 17 juta orang.
Dimas juga membagikan tips dan trik dalam melakukan transaksi jual beli di
e-commerce.
“Tips jual beli
online adalah dengan mengetahui apa itu nilai jual produk, pakai strategi
content marketing, buat
website toko
online sendiri, manfaatkan
marketplace, aktif di media sosial dan beriklan via media sosial, serta manfaatkan
Word of Mouth Marketing,†pungkasnya.