Berita

Foto kolase Agus Suparman dan Firli Bahuri/Net

Nusantara

Kesaksian Sahabat Dekat: Hingga Saat ini, Firli Bahuri Minta Santri Khatamkan Al Quran di Rumahnya

SENIN, 21 FEBRUARI 2022 | 19:26 WIB | LAPORAN: IDHAM ANHARI

Salah satu sahabat dekat Firli Bahuri, Agus Suparman mengungkap sosok Ketua KPK itu sebagai pribadi yang ramah, bersahaja, sederhana dan tidak sombong.

“Saya secara pribadi, sudah sangat mengenal Pak Firli Bahuri sekitar 18 tahun lalu. Pak Firli membeli rumah di Komplek Galaxi Kota Bekasi. Kebetulan, saat itu saya ketua RT di komplek tersebut,” kata Agus Suparman kepada wartawan di Jakarta, Senin (21/2).

Tokoh Kabupaten Kuningan yang juga jebolan Program Pendidikan Reguler Angkatan 44 Tahun 2010 Lemhannas RI ini merasakan bahwa Firli merupakan pribadi yang pintar bergaul. Ketika itu, Firli masih berpangkat kompol. Baru pindah dari Polda Lampung, promosi ke Polda Metro Jaya sebagai AKBP dengan jabatan Kasatreskrim Polda Metro Jaya.

Meski perjalanan karir Firli moncer dan kerap pindah tugas melanglang buana, juga pernah ditugaskan sebagai Ajudan Wakil Presiden Budiono yang bukan hal mudah karena posisi tersebut, harus melalui seleksi cukup berat.

Namun Agus mengungkap Firli sama sekali tidak berubah. Persahabatan dan persaudaraan tetap terjalin baik.  

“Sejak dulu saya awal mengenal, sampai sekarang tidak ada perubahan. Baik karakter dan penampilan. Tetap sederhana,” ungkap Owner Diva Convention Hall Kuningan itu.

Direktur Utama PT Diva Intan Putri Pratama itu masih ingat betul, ketika Firli pindah menempati rumah seluas 304 meter, di Komplek Galaxi Kota Bekasi. Hal yang pertama ditanyakan ialah keberadaan pondok pesantren.

“Hal pertama ditanyakan Pak Firli kepada saya, adalah dimana pondok pesantren terdekat. Kebetulan, memang ada Ponpes Yayasan Al-Fath Pimpinan Dr Taufik Ismail MA,” kenang Agus.

Firli Bahuri, pun, kenang Agus langsung berkunjung ke ponpes tersebut. Kemudian meminta agar para santri bisa melaksanakan Khataman Al-Quran setiap minggu dua kali di rumah.

“Alhamdulillah, khataman Al-Quran terus berjalan di kediaman Pak Firli sampai sekarang. Yang patut diapresiasi lagi, ketika Pak Firli berulang tahun, selalu minta dirayakan bersama para santri. Perayaan, juga sederhana dan khidmat,” ungkap Agus.

Disisi lain, Agus juga melihat sosok Firli yang gigih, daya juang yang tidak pernah padam hingga pantang menyerah ketika mengikuti enam kali seleksi masuk Akademi Kepolisian (Akpol).  

“Sampai saya berpikir, ini institusi yang salah atau personal Pak Firli yang nasibnya kurang baik,” seloroh Agus.

Agus secara pribadi, tentu sangat bersyukur bisa bersahabat dengan Ketua KPK RI ke-5 ini. Mulai kedislipinan, wawasan dan pola pikir yang jauh maju kedepan untuk kemajuan pembangunan bangsa.

Hal terkecil terjadi, dimana ada teman meminta tolong urusan pribadinya menyangkut usaha dan berhasil dibantunya. Lalu teman itu, memberikan ucapan terima kasih kepada Firli berupa uang. Dengan sangat santun uang itu dikembalikan kepada yang bersangkutan.

“Kalau diterima berarti, itu artinya menyogok,” ulas Agus, menirukan jawaban Firli.

Ia akan selalu ingat pesan Firli, bahwa pertemanan abadi adalah tanpa sogok menyogok. Inilah contoh kecil sikap mulia Firli. Mulai kehidupan sederhana, selalu bersyukur kepada Allah SWT. Semua dijaga Firli sampai sekarang.

Karena semuanya juga akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT. Mulai pergaulan dengan teman-temannya, selalu terlihat keakraban luar biasa.

“Saya pikir tadinya, kalau sudah jadi ketua KPK tidak akan bergaul dan membatasi diri dengan lingkungan dan sahabatnya. Pak Firli punya prinsip berteman jangan melihat saya sebagai ketua KPK. Tapi lihatlah secara peribadi,,karena Pak Firli pernah menyampaikan teman yang abadi adalah teman yang saling bisa menjaga kebaikan. Mari kita selalu tanamkan kebaikan dengan siapapun,” papar Agus, menirukan kembali ungkapan Firli itu.

Disamping itu, Agus mengungkap Firli Bahuri disetiap acara dari mimbar ke mimbar selalu, mengajak supaya pejabat tidak korupsi. Kepala daerah gubernur, bupati/walikota, pejabat lain juga kerap diigingatkan bahwa mereka adalah pemenang, orang terpilih.

Perjuangannya tidak mudah, sangat sulit. Karenanya, jangan menyerah menghadapi godaan yang mengajak mereka melakukan korupsi. Lawan mereka, katakan kepada mereka, jadi mulai hari ini kita ikrarkan tidak korupsi.  

“Itulah sedikit gambaran Pak Firli Bahuri dimata saya. Kalau sudah berceramah sangat menarik, membuat para pendengar begitu antusias dan bersemangat,” kata Agus

Agus bahkan mengaku beberapa kali menyaksikan Firli menjadi Narasumber. Materinya sangat tajam dan mengena dengan topik yang berlainan. Untuk itu, Ia turut mengajak kepada masyarakat Indonesia, mari membantu KPK dalam upaya pemberantasan korupsi di tanah air tercinta. Karena tidak mungkin KPK hanya bekerja sendirian.

“KPK akan terus sukses memberantas korupsi di Indonesia, jika ada andil seluruh lapisan masyarakat dengan melaporkan dan menyampaikan kepada KPK jika melihat dan mendengar  ada orang-orang yang akan korupsi,” demikian Agus.


Populer

Prabowo Perintahkan Sri Mulyani Pangkas Anggaran Seremonial

Kamis, 24 Oktober 2024 | 01:39

Karangan Bunga untuk Ferry Juliantono Terus Berdatangan

Selasa, 22 Oktober 2024 | 12:24

Jejak S1 dan S2 Bahlil Lahadalia Tidak Terdaftar di PDDikti

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 14:30

KPK Usut Keterlibatan Rachland Nashidik dalam Kasus Suap MA

Jumat, 25 Oktober 2024 | 23:11

UI Buka Suara soal Gelar Doktor Kilat Bahlil Lahadalia

Senin, 21 Oktober 2024 | 16:21

Hikmah Heboh Fufufafa

Minggu, 20 Oktober 2024 | 19:22

Begini Kata PKS Soal Tidak Ada Kader di Kabinet Prabowo-Gibran

Minggu, 20 Oktober 2024 | 15:45

UPDATE

BSD Kantongi Rp6,84 Triliun dari Prapenjualan Properti

Senin, 28 Oktober 2024 | 16:02

Pukulan Keras Ilia Topuria Tumbangkan Max Holloway di UFC 308

Senin, 28 Oktober 2024 | 15:53

Ipda Rudy Soik: Bapak Kapolda Orang Baik, Tapi Informasi Sampai ke Beliau Tidak Benar

Senin, 28 Oktober 2024 | 15:30

HUT ke-20, UCLG ASPAC Komitmen Ciptakan Kota Ramah Lingkungan, Digital, dan Berteknologi Tinggi

Senin, 28 Oktober 2024 | 15:29

Baleg DPR Gelar Rapat Pleno, Ini Agendanya

Senin, 28 Oktober 2024 | 15:22

Ekonom Sebut Pemerintah Tak Boleh Asal Bantu Selamatkan Sritex

Senin, 28 Oktober 2024 | 15:16

Direstui Jokowi Jadi Parpol, Projo Harus Buktikan Punya Banyak Pasukan

Senin, 28 Oktober 2024 | 14:59

Retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Jadi Sorotan Media Asing

Senin, 28 Oktober 2024 | 14:55

Kapolda Sulteng Diingatkan DPR Sering-sering Main ke Tahanan

Senin, 28 Oktober 2024 | 14:48

Awal Pekan, Mayoritas Harga Bahan Pokok Naik

Senin, 28 Oktober 2024 | 14:45

Selengkapnya