Untuk kali ketiga ASEAN Public Relations Excellence Award kembali digelar, Jumat sore (5/11). Acara kali ini merupakan hasil kerjasama ASEAN International Film Festival-ASEAN PR Network (APRN) dengan World Communications Malaysia (World Comm) dan Institute Public Relation Malaysia (IPRM)
Penghargaan PR Excellence ini merupakan tolak ukur dan standar industri dan praktik sebagai lencana khusus untuk merayakan pencapaian dan diakuinya karier PR atau hubungan masyarakat.
Acara penyerahan penghargaan diawali dengan sambutan oleh Jaffri Amin Osman selaku Vice President Institute PR Malaysia (IPRM). Dilanjutkan dengan sambutan pembukaan oleh President of ASEAN PR Network (APRN), Prita Kemal Gani, dan sambutan khusus oleh Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Community and Corporate Affairs, Tran Duc Binh.
Untuk ASEAN PR Excellence Awards ke-3 ini, terdapat 10 kategori penghargaan terbaik. Yaitu Program Humas, Praktisi Humas, Agensi Humas, Kampanye Humas, Manajemen Krisis, Perusahaan Media Pendukung Industri Humas dan Komunikasi, Humas Pemerintah, Penggunaan Media Sosial, Penggunaan Platform Virtual dan Tanggapan Terkait Covid-19.
Tahun ini, ASEAN PR Excellence Awards juga memberikan Lifetime Achievement Award kepada Dato’ Sri Haji Ibrahim Abdul Rahman atas dedikasinya dalam dunia PR.
"APRN PR Excellence Awards sebagai salah satu acara paling bergengsi dan ditunggu-tunggu di industri PR, Upacara Presentasi Penghargaan mengakui pencapaian luar biasa dan standar tinggi dari profesional hubungan masyarakat, agensi, dan perusahaan di industri ini. kawasan ASEAN,†ujar Prita Kamal Gani.
Berikut daftar pemenang 3rd ASEAN Public Relations Excellence Award:
Best PR ProgrammeDiamond: Ultra Micro Ecosystem, The Largest Right Issue in South East Asia – Bank Rakyat Indonesia (Indonesia)
Gold: #DariSaudari – Kimberly-Clark Softex (Indonesia)
Silver: Thought Leadership Sustainability & Renewable Energy Forum – Sarawak Energy Berhad (Malaysia)
Bronze: The NESCAFE Plan: Transforming Farmers Into Agripreneurs – Nestle Philippines (Filipina)
Best PR Practitioners Diamond: Pujo Pramono (Indoesia)
Gold: Dr. ClÄra Ly-Le (Vietnam)
Silver: Ron Jabal (Filipina)
Bronze: Dr. Amerjit Singh (Malaysia)
Best PR AgenciesDiamond: PageOne (Filipina)
Gold: PRecious Communication (Singapura)
Silver: ComCo Southeast Asia (Filipina)
Bronze: EloQ Communications (Vietnam)
Best PR CampaignDiamond: Sa Rewards, Atin ang #GDayEveryday – Globe Telecom (Filipina)
Gold: Converse’s CITY FOREST – Sam Communications (Vietnam)
Silver: Energi Kolaborasi – Ministry of Energy and Mineral Resources Indonesia (Indonesia)
Bronze: Millions of Meals – PepsiCo Foods Vietnam & Suntory PepsiCo Vietnam (Vietnam)
Best Media Company Supporting PR and Cdommunication IndustryDiamond: PR News Asia
Gold: MIX Magazine (Indonesia)
Best Government PRDiamond: Public Utility Modernization Program (PUVMP) – Department of Transportation (Filipina)
Gold: THE JOURNEY – PADU (Malaysia)
Silver: I do, I do. Araw ng Pag-IBIG Kasalang Bayan – Pag-IBIG Fund (Filipina)
Bronze: Permanent Mission of the Philippines (Filipina)
Best Crisis ManagementDiamond: Information Oxygen in the Midst of the Covid-19 Pandemic – Kereta Api Indonesia (Indonesia)
Gold: The Mysterious Lost of Money 5 BRI Bojonegoro Customers – Bank Rakyat Indonesia (Indonesia)
Best Comm Use Of Social MediaDiamond: Coping with Youth Depression Through Digital Avatar – PageOne Group (Filipina)
Gold: #VaksinKerenAbis – Telkom Indonesia (Indonesia)
Silver: My Beloved City – Global PR Hub (Vietnam)
Bronze: Wearing Mask is Cool – Bank Rakyat Indonesia (Indonesia).
Best Comm Use Of Virtual PlatformsDiamond: UMKM Expo(rt) Brillianpreneur – Bank Rakyat Indonesia (Indonesia)
Gold: Thanks To The ExtraOrdinary – GreenHat (Vietnam)
Silver: #CyberSmart Caravans: Promoting Cyber Security and Safety among Teachers and Students – PLDT-Smart (Filipina)
Bronze: Waste is Amazing – Alam Flora (Malaysia)
Best Covis-19 Related ResponseDiamond: #TogetherAhead: JobStreet’s Response to the Covid19 Impact – ComCo Southeast Asia (Filipina)
Gold: #DukungVaksinItuKeren – Bank Rakyat Indonesia (Indonesia)
Silver: COVID-19 & Our Response – Sarawak Energy Berhad (Malaysia)
Bronze: Masker untuk Teman Tuli (Mask for Deaf Friends) – Telkom Indonesia (Indonesia),